You are currently browsing the category archive for the ‘Blogroll’ category.

11953425_10205967232554925_3476928660219497837_oFCC Exam by Indonesian-ARRL VE Team.

Advertisements

Ashampoo_Snap_2015.08.17_15h45m51s_001_Gandalf akhirnya datang; selesai istirahat kecapekan upacara 17-an di kumpeni; iseng-iseng nyalain FT450D dan tune in di 6M. Pertama mencoba dengan mode JT65 dan sempatkan check in di hamspot. Sudah kirim chat nampaknya nggak ada respon.

Terus switching ke FB…..loh lihat OM Imam Cahyono, YB2VMC posting psk31 di highband. Akhirnya kasih koment dan sked di 6M.

Awalnya dengan Phone 30Watt, longpath (moxon menghadap utara) belum sempurna diterima di Jogja, naikkain ke 70Watt baru terdengar.

Gimana kalau dengan PSK31? nah perlu dicoba dong, akhirnya switch ke PSK31 dan voilaa akhirnya tercipta sebuah QSO yang sempurna di air terjun dengan running 45Watt.

Thanks OM Imam….You’re my first contact on PSK31! Merdeka……….!

Apa yang diperlukan seorang contester untuk mengetahu jadual kontes? Ya tentu sebuah kalender. Kalender kontes tentunya. Dan ternyata di amatir radio masih terbersit niat baik untuk membantu sesama amatir radio, salah satunya, adalah dengan cara menyediakan informasi bagi amatir radio lainnya, terutama informasi jadual kontes yang diwujudkan dalam sebuah kalender kontes.
Di kalangan amatir dunia, dikenal beberapa penyedia informasi jadual/kalender kontes. Pada mulanya saya pribadi mendapatkan informasi dari website-nya OM Jan, SM3CER yang beliau mulai pada April 1997 untuk memberikan informasi jadual kontes khusus lokal Swedia namun akhirnya berkembang menjadi sebuah jadual kontes internasional.
Pilihan kedua, dan menurut saya pilihan terbaik adalah site-nya OM Bruce Horn, WA7BNM yang menyediakan jadual kontes yang lebih luas, perpetual tahunan hingga bahkan per 8 hari alias seminggu alias 8 days contest calendar yang menampilkan secara detail contest rule-nya.
Beberapa saat yang lalu OM Bruce juga memperbaharui tampilan di 8-days contest calendarnya dengan menambahkan plotting hari sehingga nampak apabila beberapa kontes saling overlap pada waktu yang sama. Hal ini sangat membantu para kontester yang ‘kemronggo’ untuk mengikuti beberapa kontes yang bersamaan atau berturutan. Sangat informatif!
Jadi kalau Anda pengin cari informasi kontes internasional OM-OM berdua di atas merupakan titik referensi yang sangat membantu.
Pengin rasanya juga berbuat baik untuk amatir radio di Indonesia dengan menyediakan informasi jadual kontes cuma masalahnya terkadang kontes-kontes nasional bisa bergeser alokasi waktunya walau kontes tersebut sudah menjadi agenda rutin tahunan ORLOK/ORDA atau bahkan club station.

Ada yang berkenan memberikan layanan selaiknya Bruce Horn ataupun Jan? Sumonggo!

postelWaktu berjalan dan kemajuan teknologi pula berkembang, namun our ultimate hobby ini, Radio Amatir, masih terus berkembang dan mungkin orang awam akan bertanya : lho masih ada hoby ‘break-break’-an ya?

Dan satu-satunya hobby, CMIIW, yang secara internasional diatur tata caranya adalah radio amatir, dan Indonesia yang ‘mengikatdirikan’ ke Radio Regulation ini juga harus taat peraturan dan pula individu-individu penggiat hobby.

Melalui website postel.go.id ada Siaran Pers yang menarik, dapat dilihat di sini perihal rancangan Peraturan Menteri Kominfo tentang penyelenggaran Amatir Radio. Sebelum diputuskan menjadi sebuah keputusan kepada khalayak umum, terutama penggiat Radio Amatir dapat memberikan masukan terhadap rancangan ini dari tanggal 11-18 Maret 2009. Rancangan permenkominfo ini akan menggantikan KM49/2002 tentang penyelenggaraan Amatir Radio.

Secara sepintas dari rancangan ini adalah bahwa Organisasi Amatir Radio yang diakui masih ORARI, rancangan kartu IAR yang cukup menarik dan nampaknya cukup atraktif menggantikan kartu IAR yang dilaminating jadul. IAR terbuat dari PVC semacam kredit card lengkap dengan barcode nomor ijin-nya dan dibedakan atas warna sebagai pembeda klas/previledge-nya.

Untuk rancangan perihal bandplan ada yang menarik :

  • Pemula : boleh bekerja di rentang 1.300  – 2.450.
  • Siaga : boleh bekerja di rentang 7.00-7.10 mode suara
  • Penggalang & Penegak : ada alokasi rentang 7.000-7.300Mhz, eh ini bener nggak ya, bukannya 7.00-7.200MHz?

Karena organisasi yang dirujuk dalam Rancangan ini adalah ORARI maka desain signboard pula ditambahkan logo ORARI di sebelah kiri Nama Panggilan Pemilik IAR, ehm….. senyum simpul sendiri nih, kemarin ada temen yang pesen signboard model begini kayaknya ‘rada’ kuciwa ha ha….

Secara umum kalau boleh usul saran, mestinya via email ya, bolehlah nanti menyusul, rancangan permen yang niscaya nantinya jadi permen, terutama pada alokasi band plan, harusnya tidak multi-interpretasi terhadap mode/emisi yang dipergunakan.

IMHO, beberapa catatan :

  • Segment 7.000-7.300MHz [international hanya pada rentang 7.00-7.200MHz]
  • Moda pancaran masih plain text dan multi-interpretasi;  contoh [lagi] di rentang 7 MHz disebutkan mode kode morse, suara dan Narrow Band Data; lebih baik diberikan rentang frekuensi dan kelas emisi yang di-ijinkan. Nggak terbayang deh beberapa mode tumplek blek pada frekuensi yang sama.

So, mumpung masih ada waktu 11 s/d 18 Maret 2009, silakan penggiat Amatir Radio mengirimkan input/feedback terhadap rancangan peraturan yang mengatur hobby kita ini. Silakan kirim input ke pak Ketut ketut@postel.go.id atau ke pak Gatot di gatot_b@postel.go.id.

Me Myself

Last My tweet

Free counters!

Ubuntu+Ham

The Ubuntu Counter Project - user number # 23986

Blog Stats

  • 60,133 hits

Archives

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 9 other followers

The Guest

Visitor Clusters

iklan nih

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});