You are currently browsing the category archive for the ‘Achievement’ category.

So, Anda seorang amatir. Meyakini betul bahwa radio amatir adalah hobby yang terbaik. Anda geluti hingga usia Anda akan berakhir. Pertinyiinnya adalah :

Siapa yang akan meneruskan hobby hebat Anda ini?

Siapa yang merawat hamshack yang Anda kumpulkan dengan sekuat tenaga, dan bahkan Istri pun sebenarnya tidak tahu harga real-nya berapa? Ikhlas sepeninggal Anda hamshack di-lelang dengan harga yang seandainya Anda dengar akan menjadi gemes?

Jadi, Anda perlu generasi yang akan meneruskan hobby ini. Anak lah yang menjadi opsi utama. Tapi nampaknya dengan perkembangan gadget jaman NOW, rasanya kecil banget anak Anda akan terjun ke radio amatir; too OLD bagi mereka mungkin.

Alhamdulillah, satu dari anak laki-laki saya menyatakan; Yah, kapan aku boleh mainan radio sama Ayah? Wow….really? ya, bermula dia mengikuti kegiatan outdoor naik bukit dan menginap semalaman dan lihat kakak senior dan pendamping kegiatan menggunakan radio transceiver – HT.

Sebagai ayah yang baik, tentu saja mengatakan; Nak, boleh saja ntar mainan radio sama ayah, namun harus punya ijin legal dulu dong, biar tidak ilegal…. OKay…dia menyanggupi tantangan UNAR ini. Waduh, akhirnya Bapak-nya sendiri yang kebat-kebit.

Ya udah, segera mendaftar UNAR, Alhamdulillah satu bulan lagi ada jadual UNAR di Kendal. Karena masih 14 tahun, mutlak perlu surat ijin/keterangan dari orangtua serta softcopy foto dengan background merah saat ndaftar masuk SMP tahun lalu, ndaftar via web SDPPI, dan Alhamdulillah diyatakan okay untuk ikutan UNAR.

Segera googling, tanya di group, perihal bank soal UNAR untuk tingkat siaga.

Okay, tenggat waktu satu bulan diisi dengan latihan mengerjakan bank soal, dan fokus SKS/Sistim Kebut Semalam sabtu malam, dan Minggu pagi meluncur ke pendopo kabupaten Kendal untuk mengikuti UNAR.

Ada sekitar 300-an peserta UNAR yang ikut berasal dari Jawa Tengah; termuda ada 2: sama-sama  kelas  7,  Ilham  dan  anaknya  OM  Adi,  YB2GV.

Rada dheg-dhegan juga melihat anak sendiri mengerjakan soal UNAR yang terdiri atas Pancasila, Peraturan Radio, Teknik Radio dan bahasa Inggris. Tapi ya biarlah dia merasakan terjun bebas di masyarakat umum, mengerjakan soal UNAR bersama bapak-bapak calon amatir radio.

Biar tenang, selama UNAR bapaknya jalan-jalan ke area depan Pendopo, biasa khas ORARI mesti ada sajian organ tunggal dan sarapan pecel khas kabupaten Kendal.

Dengan era keterbukaan, dengan sistim via web internet, Alhamdulillah kurang lebih 2 hari telah di-upload hasil kelulusan UNAR.

Alhamdulillah Ilham lulus, dan beberapa hari kemudian, seminggu kalau nggak salah sudah terbit IAR dan Alhamdulillah mendapatkan callsign yang cukup bagus; YD2BUX, awalnya pengin mengajukan vanity call YD2HAM namun kayaknya YD2BUX sudah bagus; bukannya BUX berkonotasi $? Jhahahaha….. nggak lah BUX mengingatkan Buck Rogers pada serial Battle Star Galactica di tahun 80-an….

Baiklah…pembinaan seorang amatir adalah selepas dia mendapatkan ijian amatir-nya. QSO pertama adalah kegiatan net Ramadhan pada YC2ZAS….semoga ini menjadi awal QSO yang manis dan mendorong BUX untuk aktif di dalam kegiatan amatir radio selanjutnya

First QSO Award on progress claim ke ARRL….

Single Op All Band Low Power #19 Indonesia, #22 Oceania

76th place World Single Operator All Band – RTTY

Pretty clear; 10m seems a little bit hard due the propagation. But stil have fun and also the certificates.

#akurapopo is my code…. Jhahhahaaha…..

2016-cq-wpx-ssb-80m-12016-cq-wpx-ssb-80m-2

cqww ssb 2015#7 Indonesia #9 Oceania SOLP Assisted All Band Low Power

YB2ECG yb90iaruPretty impressive certificate.

cqwwrrty2015Not bad at all..

Me Myself

Last My tweet

Free counters!

Ubuntu+Ham

The Ubuntu Counter Project - user number # 23986

Blog Stats

  • 65,495 hits

Archives

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 9 other followers

The Guest

Visitor Clusters

iklan nih

//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});