ft8Sejatinya rada terlambat untuk mencoba mode baru varian dari JT-65/JT-9, dipublish pada tanggal 2 Juli di laman QRZnow, akhirnya hari ini iseng-iseng install WSJT-x versi 1.08 dan mencoba mode FT-8 ini. Untuk download sila ke sini. Dinamakan FT8 karena memang kombinasi antara Franke-Taylor design, 8-FSK modulation.

Apa kesan pertama menggunakan mode FT-8 ini? he he….ternyata serasa naik motor matik alias skutik. Kalau sebelumnya sudah install WSJT-x versi sebelumnya maka setting configuration-nya akan mengikuti, bahkan log ADIF-nya akan overwrite. Tapi no problem justru lebih menyenangkan.

Apalagi? Waktu transmit lebih pendek sekitar 15 detik dan menariknya lagi, serasa skutik-nya yang tadi, sekali kita klik merespon sebuah CQ dan meng-enable-kan TX serta direply oleh lawan QSO maka otomatis akan dikirimkan reply secara sequent sebuah QSO. Kalau toh, lawan QSO belum reply maka syntax macro yang bersesuaian tetap dikirimkan sampai closed QSO ditandai dengan pop-up untuk save log! Nah baru kita aktif-kan halt-tx biar bisa closed. Benar-benar otomatik.

logger32 FT8

Apa yang menarik lagi? Ternyata Logger32 versi terbaru dan e-QSL sudah support FT-8 so segeralah mencoba mode baru FT-8 semoga tidak ketinggalan dan bisa dikatakan menikmati kekinian…….

Advertisements