Ashampoo_Snap_2014.11.16_11h45m12s_005_StatisticsGemes rasanya kalau bisa ndenger eh decode sinyal digital dan Anda berkali-kali s/p namun tiada daya sinyal nggak terdengar di lawan bicara hanya karena tidak bisa beaming antenna ke arah yang bersesuaian. Nah, kejadian yang sama masih terulang karena rotator KR600 macet. Pesta multimode yang diselenggarakan ‘shohib’ dari Rusia yang menggelar The First WW MultiMode contest jadi nggak berkorelasi linier dengan pencapaian QSO-nya.

Menarik memang kontes ini karena menggabungkan beberapa mode : SSB/CW/BPSK63 dan RTTY. Menarik dan menjadi pertanyaan kenapa berani mendeklare multimode. SSB/CW/RTTY memang mode yang ‘tradisional’ dan klasik di arena kontes. Nah, dugaan saya BPSK63 mewakili mode BPSK. Setuju dah, karena kalau yang digunakan BPSK31 nuansa kontes-nya akan nyaris hilang. BPSK31 lebih cocok untuk ragchewing karena bisa ngantuk kalau dipergunakan untuk kontes…hi hi.

Nah, mode yang lain kok nggak diwakili? Gimana dong dengan mode SSTV, FeldHell? He he….

Ashampoo_Snap_2014.11.16_17h54m47s_001_Dijimode kontesting memang enak menggunakan MixW dan dengan support penuh OM Victor, R3BB yang telah menyediakan add-on khusus kontes ini. Dengan add-on ini dapat dilayani fitur statistik kontes, serta yang palin menarik tombol untuk switching mode antara cw-ssb-rtty-bpsk63. Dengan modul ini perpindahan mode akan berjalan lancar, smooth dan seketika. Jangan cerita ya… kalau Anda pemakai demo version (pemakai abadi) dan tidak pernah registrasi pastilah selalu menemui waiting time saat switching dari satu mode ke mode yang lain. Minimal 1 menit lah, bayangin kalau waktu switching yang lama ini terjadi pada even kontes, bisa gemes dah….hi hi….

Sekali lagi, OM Victor menunjukkan kebaikan hati-nya dengan membantu para duafa kontester yang menikmati the Swiss Army Knife Digital Mode software dengan gratis.

Kembali ke hasil kontes, band yang ‘hidup’ kayaknya cuma dua: 15m dan 10m, 20m jangan diharap dah beberapa waktu ini jadi ‘dead-band’; terkadang heran juga ya, beberapa tahun yang lampau 20m selalu ramai dengan QSO baik phone, cw dan digital mode, dan menjadi satu alasan upgrade ke level Penegak. BPSK63 lebih cepet dibandingkan dengan BPSK31 namun rasanya kurang stabil dibanding rtty. Banyak kejadian S/P dijawab, namun setelah itu hilang entah kenapa. Berbeda dengan RTTY stabil QSO-nya dari awal hingga closed-log.

Beberapa station menjawab CQ-ing walaupun ybs tidak mengikuti kontes, he he… ya biarlah sekalian mengisi kredit LoTW.