bartg hf rtty 2014

Sebenarnya ada dua agenda kontes pada akhir minggu ini: di kategori phone ada Russian DX Contest dan di segmen digital khususnya RTTY ada BARTG HF RTTY contest. Dua kontes yang cukup menarik, namun mengingat target DXCC via LoTW yang masih rendah di band 10m rasanya akan optimis kalau mengikuti BARTG contest. Ya sudah, keputusan diambil untuk mengikuti BARTG sementara via group BBM rekan-rekan Semarang akan aktif pada Russian DX Contest.

Seperti kontes-kontes sebelumnya, kondisi propagasi sangat aneh. Di saat 10m membuka dengan baik band andalan 15m dan 20m nampaknya jadi kuburan, kata orang Semarang… Sepi Nda. Dan bagi YB2ECG itu merupakan sebuah anugrah karena memang fokus pada 10m dan band yang lain biarlah sebagai pelengkap.

Benar saja, fokus pada 10M dan hasilnya adalah seperti statistik yang tertampil di sebelah kanan layar. Beberapa YB-land stasiun terdengar namun hanya OM Iwan, YE1NZ yang akhir logged QSO pada 15m walau dengan susah payah pada awalnya.

Kontesting yang penting adalah have fun, ya kalau capek atau ngantuk bolehlah istirahat atau closed-log. Nah, pada saat closed-log lumayan dah cukup mendapatkan jumlah QSO di atas 100 yang sementara merupakan batas psikologi dalam mengikuti kontes.