Ashampoo_Snap_2013.09Menimbang dan mengingat kondisi tubuh yang masih meriang, ya sampun sepuh, sering mengalami batuk dan masuk angin, maka kontes yang paling worthy untuk diikuti adalah Russian-WW-RTTY contest dibandingkan All Asia Contest SSB/CW yang pasti menggerus sumber daya tubuh.

Tentunya dengan berbekal MixW kontes akan nyaman diikuti, ya sekali lagi karena dukungan R3BB untuk penyediaan contest statistic-nya sehingga kinerja dapat terukur. Beberapa milis mengatakan Fldigi adalah yang terbaik, namun bagi saya susahnya berpindah ke selain MixW adalah dukungan 3rd party yang demikian melimpahnya, terutama statistical-nya.

Biasanya pada kontes rtty akan bejibun JA-station, namun karena mereka punya gawe AA test, nampaknya peserta JA banyak yang ikutan AA test; perolehan JA di kontes ini relatif lebih kecil dibandingkan biasanya.

Lumayan dah melihat kondisi tubuh, set goal-nya cukup 200-an QSO ya idep-idep untuk menambah kredit di LoTW; saya pribadi baru kejar untuk Digital DXCC dan 20MDXCC yang tinggal 10-an countries aja untuk bisa memasuki kualifikasi DXCC. melengkapi Mixed DXCC yang sudah dapat.

Kondisi band juga kurang menguntungkan; berharap di 20m dan 10m namun kondisi noise yang tinggi cukup mengganggu; beberapa station ‘terdengar’ di 10m namun beberapa kali coba nggak membuahkan hasil.

Praktis distribusi QSO’s lebih banyak di 15m dan 20m dengan kondisi yang berimbang.

Dari YB-land? Ya, nampaknya kontester YB-land lebih ramai ikutan All Asia Contest; cukup seneng dengan perkembangan konterster di YB-land, terutama dari Semarang; YC2BYC, YC2SBG, YC2FNT dan old-man YB2ERL, yang ikutan Russian WW kayaknya cuma 3 orang, hi hi hi…….YD2MDU, OM Bintoro juragan PSK dari Kudus dan YB9WZJ, OM Joni Salim dari Papua……. dua-duanya kayaknya ikutan SOSB15.

Sekali lagi lumayan dah dengan 200Q’s , semoga bisa menambah perolehan di LoTW!