Ashampoo_Snap_2013.05 Ashampoo_Snap_2013.04Sebenarnya malam ini agak lupa kalau ada agenda kontes mode SSTV yang pernah saya posting sebelumnya. Bisa ditengok di sini.Nah, saat setting MixW3.01 untuk EA RTTY contest iseng-iseng scanning dx-cluster nah pada frekuensi 21.350MHz dan terdengar isyarat SSTV dan baru inget kalau malam ini adalah agenda contest SSTV.

Nah, kenapa tidak untuk dicoba? Sesuai dengan contest rule, kontes hanya dialokasikan pada band 15m dan dengan moda BW8, BW12 dan BW24.  Dibandingkan dengan moda sstv yang lain, transmisi dengan moda Black and white ini relatif lebih cepat, dan ini tentunya sesuai dengan kriteria kontes.

Hal yang menarik lainnya adalah prinsip sharing frekuensi; artinya satu frekuensi, 21.350Mhz bisa dipergunakan untuk CQ-ing dan S/P mode; jadi ya harus hati-hati dan mengedepankan prinsip berbagi. Nah, rasanya mengoperasikan mode sstv memerlukan teknik tertentu, apalagi di dalam kontes. Masih rada kikuk di dalam melayani QSO, dan masih perlu lagi diasah dengan penggunaan macro barangkali untuk mempercepat respons biar tidak ‘grathulan’.

Nah, cukup lumayan dah pencapaian malam ini, sambil memposting tulisan ini sudah dapat lah 7 Qso di 15m. Cukup menarik, barangkali karena SSTV ini cukup langka untuk dipergunakan.

Mau bergabung? Hayoo….masih ada waktu sampai minggu besok!

CQ SSTV TEST DE YB2ECG #W0108 PSE K