Ashampoo_Snap_2013.03 Sebenarnya akhir minggu ini banyak bener aktifitas kontes, namun seperti biasa, Sabtu yang kali ini sebenarnya harus masuk kantor karena geseran liburan harpitnas kemarin, namun karena ambil cuti, tetep bisa menikmati hari dengan anak dan kegiatan kontes.

Nah, kontes apakah hari ini? Ada dua yang menarik sebenarnya: di phone/cw ada Russian DX contest dan rtty ada BARTG RTTY Contest! Nah, pilihan jatuh pada BARTG, kenapa? Ya, karena penyelenggaranya adalah society yang aktif menggiatkan mode RTTY di kontes. British Amateur Radio Telegraphy Society, menarik ya kalau di G-land, selalu menggunakan terminologi Society dibanding group atau komunitas.

Nah, pilihan tentu ke Swiss Army Knife-nya digimode, MixW 3.01 demo; rada kagok juga setting macro untuk kontes ini, karena pertukaran kontes adalah RST/Serial Number dan Waktu dalam UTC. Nah, mudahnya di MixW sudah tersedia text macro untuk exchange time ini, pakai CTIME.

Saya belum explore lebih lanjut mengenai pertukaran CTIME kalau diminta untuk mengulang, pasti akan terjadi pergeseran waktu selang kirim pertukaran pada awal dan pengiriman ulang. Mungkin pembaca ada pengalaman? Pse!

Nah, karena penyelenggaranya sangat bonafide, BARTG, banyak jawara-jawara RTTY yang pasti muncul, karena pada kontes ini dialokasikan khusus kelas SOE, Single Operator Expert, cukup sulit untuk masuk kelas ekslusif ini, karena yang berhak ikutan SOE adalah TOP TEN  pada SOE/SOAB pada tiga tahun kontes yang terakhir😀

Oke, pilihan cukuplah SOAB! Band propagasi cukup menyenangkan, namun dominan menguntungkan pada 15m. Sempat buka warung di 10m, dan pile-ups oleh EU, sebagian besar DL, G dan PA. Berharap sih mendapatkan PA1DJO, atau PA1NEM………. jhahaha.

aa5auHal menarik bener terjadi, beberapa station expert banyak bermunculan. Semisal si OM Don, AA5AU, mampir juga di warung yang saya buka. OM Don, sudah saya anggap elmer di dunia rtty-er, silakan google AA5AU, Anda akan mendapatkan referensi yang tepat mengenai RTTY. Kalau Anda baru di RTTY laman yang tepat adalah di web-nya OM Donald, sila ke sini.

Hal lain yang menarik pula, sempet worked OM Phill, GU0SUP. OM Phil ini juga jadi rujukan yang penting bagi perjalanan rtty saya, terutama perihal sending/received QTC di WAE. Tulisan OM Phil bisa dilihat di sini.

Agak heran kali ini, saya begitu berbetah diri di depan shack, ketok F2, F3, F4 atau kombinasi F6 dan F7 (apa-apaan nih?).

Hasilnya, ya seperti dilihat di atas. 195Q’s semoga bisa memberikan kredit untuk aplikasi via LoTW!