name on mixwBeberapa waktu dulu, saya pernah post perihal friend.ini. Layanan ini disediakan oleh AF4Z untuk kalangan peminat rtty untuk mengetahui nama operator lawan QSO kita. Dengan fungsi macro, baik di N1MM maupun di MixW dan beberapa software rtty yang lain, komunikasi/kontes jadi terasa akrab dikarenakan kita bisa memanggil dengan nama populer yang bersangkutan.

Nah, layanan serupa ditawarkan oleh K1pGV, sila tengok di sini. Peter menawarkan feature Callbook di MixW dengan layanan QRZ.com; ya siapa tidak kenal layanan QRZ.com di kalangan amatir radio?

Dengan feature ini, seperti layanan AF4Z, nama operator akan ditampilkan, dengan macro <NAME>. Syaratnya adalah pada saat menggunakan MixW komputer juga tersambung ke layanan internet untuk akses ke QRZ.com

Caranya cukup mudah: pertama download file .dll di website-nya K1PGV terus letakkan di folder program MixW, untuk MixW3 ke atas taruh di application data-nya MixW. name on mixw2 name on mixw3Lakukan setting pada Callbook MixW; setting seperti terlampir pada gambar.

Untuk database path berikan QRZ:”login Anda pada QRZ.com/password account QRZ.com”.

Aktifkan view window untuk Callbook dialog.

Nah, untuk menggunakan layanan ini pergunakan macro yang menampilkan <NAME> pada macro yang bersesuaian; misal :

<TX><ONQSOBEFORE:F1> <CALL> <GA> <NAME> <INIFILE:friend.ini,HI,?C> uR  599 <NRS> <NRS> <CALL> K <RX> macro ini menggunakan layanan Dynamic Link QRZ.com dan layanan friend.ini.

Jadi seandainya lawan bicara terdaftar pada layanan QRZ.com dan friend.ini tentu saja akan terjadi duplikasi penyebutan nama; dan kalau belum terdaftar pada layanan keduanya maka setelah GA akan ditampilkan MY FRIEND.

Nah, berikan suasana akrab pada QSO Anda walau pada kondisi kontes; pastikan akan tercipta suasana yang menyenangkan, bukankah kontesting itu menyenangkan?