Gemes rasanya mbaca blog sebelah, mosok yang katanya Swiss Army Knife-nya digimode, MixW nggak bisa dipergunakan untuk fungsi CAT! Nah, it’s a challenge! Sebagai MixW die-harder (jhahaha….walau demo version) statement tersebut harus dijawab dengan bukti nyata.

Dengan modal soundcard interface built-in dengan usb converter dan kabel CAT, mulailah mencoba setting. Sebenarnya OM Giovani, IW7EHC pernah posting perihal optimasi CAT dengan MixW dengan FT817, sila baca di sini. Cuma setelah dicoba kok nggak berhasil dengan FT450D. Nampaknya memang harus dengan dua port untuk mengendalikan PTT dan CAT untuk digimode dengan MixW.

device managerSalah satu langkah pertama konekting port serial dengan radio/interface adalah melihat alokasi port serial yang didapatkan dari Windows XP. Terlihat ada dua port untuk Prolific USB-to-Serial Comm Port (COM2) dan Prolific USB-to-Serial Comm Port (COM7).

COM7 dipergunakan untuk fungsi CAT, sedangkan COM2 untuk fungsi PTT.

Sebenarnya ada fungsi PTT via CAT tetapi entah kenapa FT450D pada kondisi transmit tersebut apabila fungsi PTT via CAT diaktifkan. Semestinya seperti yang ditulis  Giovanni cukup mempergunakan satu kabel serial untuk fungsi PTT dan CAT namun entah mengapa setting-an tersebut tidak bisa diaplikasikan ke FT450D.

Daripada pusing-pusing diputuskanlah mempergunakan dua buah serial port yang tersedia.

Langkah berikutnya mengatur setting-an untuk CAT dengan port COM7.

Pilih CAT dengan menyesuaikan transceiver yang dipergunakan, ya karena pakai Yaesu ya pilih YAESU, beruntung MixW yang dipergunakan adalah versi 3.01 lebih update, dan FT450D dapat mempergunakan setting model FT450.

Sesuaikan setting seperti di sebelah, centang lah AFSK in place of FSK ya karena kita bekerja dengan modus AFSK.

MixW cat port ptt

mixw cat port comNext, setting port Com yang dipergunakan, sesuaikan dengan baud rate dan parity serta data/stop bit yang bersesuaian.

Setelah setting untuk fungsi CAT, langkah berikutnya adalah setting untuk PTT.

mixw cat port ptt2Soundcard interface yang saya pergunakan, ex RadioArena oleh windows XP dikenal di port COM2.

Pergunakan setting pada Secondary PTT port untuk setting ini.

Sesuaikan dengan baud rate, parity dan data/stop bits yang dipergunakan.

Pada kolom RTS pilih PTT karena kita menggunakan RTS pada port ini untuk drive kondisi TX/RX.

DTR bisa dipilih CW kalau pengin mengaktifkan fungsi CW di MixW.

Nah, setelah setting selesai dan OK, voila…. akhirnya fungsi CAT di MixW bisa berjalan dengan sempurna di samping fungsi PTT tanpa Loop. FT450D dapat berjalan dengan sempurna fungsi keying-nya.

Fungsi spektrum pada waterfall pilih auto agar menampilkan frekuensi kerja dan pada log bar frekuensi langsung menyesuaikan. Frekuensi control pada CAT Bar juga berjalan denga sempurna. Perfectly…….

Nah, satu lagi pengalaman yang menarik dengan mengutak-utik si MixW, puas dan nyaman nih kalau sesuatu yang menantang bisa terselesaikan dengan baik.

Bentar lagi dah….postingan ini pasti akan di-review di blog sebelah, saya jamin dah!😀