pcc YAESU ft450dSudah beberapa kali, pengin mencoba PCC untuk FT450D, namun baru kali ini bisa terealisir, ya karena terlalu tertarik dengan fungsi CAT pada N1MM atau pada Ham Radio Deluxe. Ya, PCC-450D adalah Personal Computer Controller, atau PCC versi resmi dari Yaesu.

Kalau Anda pengguna Yaesu FT-450D (sorry yang pakai FT-897, atau FT-857), Anda bisa ungguh PCC450D di sini.

Nah, apaan tuh added-value-nya dengan PCC ini? Ya, yang namanya Personal Computer Controller mestinya dapat diartikan software yang bener-bener mengendalikan FT-450D. Include fungsi ON-OFF semuanya controlled by your mouse! Yang Anda butuhkan cuma koneksi serial port, atur baud dan voila, Yaesu Anda sudah sepenuhnya Anda kendalikan via mouse dan keyboard.

mic equalizerSeluruh fungsi tombol pada FT-450D dapat digantikan dengan nilai tambah opsi kemudahan pengendalian, semisal pengaturan Mic-EQ memberikan keleluasan dibandingkan pengaturan dengan true-knob pada radio. Jangan berharap equalizer microphone seperti equalizer untuk dung-dung-pret.

Fungsi repeater atau fungsi beacon CW juga semakin lebih intuitif, dengan optional, karena dimungkinkan memasukan frekuensi secara direct entry melalui input keyboard.

Fungsi beacon CW tinggal dimasukkan text yang akan di-fungsikan sebagai text beacon.

PCC-450D juga memungkinkan untuk memberikan direct-command ke radio melalui fungsi text dilanjutkan dengan ekseskusi via tombol Enter. Untuk menggunakan fungsi ini mengacu kepada command-send untuk FT-450D.

Nah, Anda pengguna FT450D? Opsi PCC-450D kayaknya layak untuk dilirik. Radio Anda sepenuhnya Anda bisa remote tanpa menyentuh panel dan tombol di radio, jadi diharapkan mengurangi risiko lecet.

Jadi, tak perlu  Anda takut radio lecet dengan tetap mengoperasikannya secara aktif digunakan, jangan takut lecet Anda simpan radio dan pajang thok di ham-shack Anda!

Nah, apakah Yaesu Anda bisa begini?