radioarenaJum’at siang ini sambil menuju ke masjid kompeni sempet melewati portir sekuriti, biasanya kiriman pos/paket sebelum diserahkan ke sekretariat untuk di-distribusikan mampir dulu nih di pos ini. Dapat sapaan hangat dr petugas mengatakan bahwa paket dari G-land sudah nyampai apakah mau diambil sekalian. Ah, nanti saja dah selepas sholat Jum’at dah.

Ooooo kok paket dari G-land? Yup, beberapa waktu lalu sempet order via ebay dan webstore radioarena.co.uk untuk kelengkapan si dx-er choice, yup si FT450D perlu melengkapi dirinya dengan a brand new soundcard interface. Sempet beberapa kali dikirimi oleh sohib YD0NGA socket ps2 yang bersesuaian dengan socket data di FT450D namun saya menyadari sudah mulai menua, rambut sebagian sudah memutih dan untuk melihat lebih jelas harus pakai kaca mata, kecuali kalau melihat viewfinder untuk njepret yang bening-bening itu mah kata orang berbeda, jhahaha……

Sebetulnya sudah lama order via radioarena.co.uk cuma karena kesulitan dengan pembayaran via CC, jadinya mesti menunggu waktu proses linking CC ke paypal. Dan ternyata harga sedikit berbeda antara buy-direct dengan ebay. Lebih murah sedikit via ebay.

Nah, berikut di sebelah merupakan penampakan dari sound-card, ptt-interface yang menggunakan rear-data-socket di FT450D. Dengan interface ini tidak perlu lagi beli tambahan konverter usb-serial, karena memang sudah dilengkapi dengan usb-serial converter dengan chip Prolific.

Socket ke sisi komputer terdiri atas soket USB, in-line-mic soundcard dan out-spk soundcard, cuma RadioArena tidak membedakan secara jelas mana soket input dan output soundcard. Menduga-nya dengan membaca manual yang disertakan.

Saluran audio juga sudah dilengkapi dengan isolasi ground jadi nggak perlu khawatir lagi terhadap proteksi radio.

Yang perlu diperhatikan adalah level audio ke radio, pastikan di bawah level ALC dengan mengatur level audio. Kebetulan dapat kiriman gratis tuh dari sohib YD0NGA berupa USB soundcard, jhahaha….. memang baikan nih satu orang ini😀

Beberapa pengaturan yang bisa saya share di sini untuk FT-450D antara lain :

  • D-DISP (Data display) berikan nilai default 0 (zero).
  • D-TYPE (DTAT MODE) default biasanya RTTY, ganti ke USER-U
  • DIG VOX, default OFF, karena interface dilengkapi PTT control fasilitas ini tidak dipergunakan.
  • MY MODE – DATA ON

Nah, selesai setup tinggal pergunakan software digimode, nah saatnya kembali ke MixW. Tune frekuensi radio pada segmen digimode dan tutup volume audio, nah tinggal suara switching TX/RX dari radio.

Dengan mode ini anda bisa multi-tasking, selagi CQ-ing di radio, bisa paralalel akses ke FB atau sambil rag-chew di 2m band.

Life is so easy and happy…….