SO2R2ModeApa yang Anda ketahui tentang kategori operator di dalam kontes amatir radio?

Ya, biasanya yang ada adalah Single Operator; single operator yang hanya boleh transmit pada satu frekuensi pada satu saat yang sama, kategori ini bisa di-trik dengan menggunakan metode Single Operator 2 Radio, satu untuk CQ-ing, satu radio untuk S/P.

Kategori berikutnya adalah Multi-Two; multi-operator dengan transmitting signal maksimum dua, berikutnya adalah kategori Multi-Multi, dengan multi operator dan multi transceiver yang tidak dibatasi.

Nah, minggu ini kebetulan ada agenda kontes yang sangat sayang untuk ditinggalkan: satu kontes nasional dari Marathon Kebayoran Contest tahun 2012 dan satunya kontest internasional mode RTTY dengan OK DX RTTY Contest.

Nah, kira-kira mana yang Anda akan pilih? Boleh lah MKC-2012 atau OK DX RTTY Contest, atau DUA-DUA-nya sekaligus?

Nah, berbekal dengan ketersediaan radio di shack, FT450D dan TS450S, serta antenna yang terpisah antara 80/40m dan 10/15/20m serta fasilitas dual monitor, silakan baca di sini dan paket soundcard interface dari RadioArena baca di sini, tantangan ini layak untuk dicoba.

Saya tawarkan kategori baru di dunia kontes amatir radio : SINGLE OPERATOR TWO RADIO TWO MODES

marathon kebayoran 2012OK dx rtty last standing

Nah, dengan fasilitas dual monitor area logger akan bisa dipisahkan dengan satu monitor menggunakan N1MM logger untuk MKC-2012 dan MixW (demo-version) untuk melayani OK DX RTTY contest.

Dengan penggunaan antenna yang terpisah cukup memberikan keleluasaan, kebetulan kondisi propagasi band untuk dx-ing di low band sangat kecil kemungkinananya, makanya untuk OK DX difokuskan pada hi-band 10/15/20m, dan MKC-2012 yang memang teralokasikan di 40/80m bisa menggunakan rotary dipole.

Apakah ada satu hal yang tertinggal dengan fasilitas ini?

Nah, menggunakan dua transceiver running standar 100Watts cukup ‘menyiksa’ power supply. Akibatnya terkadang saat berbarengan CQ-ing kualitas audio di phone/SSB jadi cacat. Beberapa rekan melaporkan kualitas audio yang drop ini. Saya belum mendapatkan laporan di sisi RTTY apakah juga terjadi cacat sinyal.

Akhirnya kondisi ini dapat diatasi dengan mengatur timing saat CQ-ing dan respons serta S/P tidak dilakukan secara bersamaan.

Hasil-nya? Cukup lumayan! Kalau dalam satu dayung dua pulau terlampau, kenapa tidak?

QRV for Single Op 2 Radio 2 Mode? Saya bisa…tentunya Anda lebih bisa!

********siap nabung untuk invest satu PSU lagi (kecuali ada dermawan yang mau kirim PSU yang iddle)