kalbar contest 2012Saya kira inilah salah satu kontes yang paling tua di YB-land (sorry no term for YE-land). Nah tahun ini Kalbar Contest memasuki tahun ke-26. Artinya teman-teman amatir telah begitu konsisten menggerakkan selama 26 tahun untuk menyelenggarakan kontes nasional ini.

Saya pribadi, yang mengawali Lawang Sewu Kontes cukup terpayah-payah memasuki pelaksanaan yang ke-4. Proficiat untuk teman-teman di Kalimantan Barat yang selalu mampu menyelenggarakan pelaksanaan kontes ini.

Format Kalbar Contest terbagi atas dua mode: CW dan SSB dan keduanya menggunakan exchange Grid Locator, yang memang sangat penting di dalam dunia amatir. Minimal dengan mengikuti kontes ini, setiap amatir radio di YB-land harus mengerti lokasi di mana stasiun-nya berada.

Minimal mengerti pula meng-konversi koordinat Lattitude/Longitude ke format Maidenhead Locator.

Band yang dipergunakan single band di 80m, dan seperti aturan kontes nasional yang lain peserta dibatasi maksimal 15menit untuk menggunakan satu frekuensi untuk ‘buka warung’ (IMHO sesuatu yang semestinya nggak perlu dengan batasan waktu).

Nah, pengin nih menjajal kinerja FT450D lengkap dengan N1MM tentunya dengan CAT plus Voice Keyer mengikuti kontes ini. Tinggal ketahanan fisik lah dan spare waktu, kerna kontes diadakan Sabtu malam pada awal bulan pas bersamaan dengan rapat RT, jhahahahaha………. Ah, nggak penting yang jelas ikutan kontes ini cukup menyenangkan.

This post was created from OI52fx!