Pernah ngalamin pada saat kontes dengan N1MM logger; tiba-tiba mendapatkan panggilan dari non-contester dan kebetulan rare-staion dan mau tidak mau harus log di logger? Ah, mungkin nanti mengganggu performance contest? dan harus di log pakai Logger yang lain?

Atau Anda seorang sosialita yang tidak mau melepas sedikitpun akses ke facebbok atau twitter bahkan saat contest? ah siapa tahu anda pengin mem-post recent contest result di wall Anda, eh siapa tahu ada rekan yang pengin gabung ikutan kontest juga?

Sebenarnya OS yang ada dari keluarga Jendela memiliki fitur multitasking yang bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain; cuma kadang agak merepotkan kalau satu aplikasi harus di-minimize; agak repot kalau aplikasi terdiri atas bebera jendela, semacam N1MM.

Nah, kenapa nggak pakai dual monitor. Kebetulan acer aspire 4720 yang dipakai di hamshack sudah tersedia external monitor dr keluarga Samsung. Jadi output VGA port Acer langsung diterima monitor Samsung sementar monitor notebook ditutup tanpa diaktifkan.

Nah, berkaitan dengan kondisi di atas dipergunakanalah trik menggunakan dual monitor; satu monitor besar digunakan untuk menampung N1MM yang multi window dan full CAT terhadap radio, sedangkan monitor dari notebook digunakan untuk membuka Logge32 atau aplikasi yang lain, barangkali pengin akses ke facebook.

Untuk setting di yb2ecg mempergunakan setting pada gambar ke-dua; laptop dan monitor setup; output VGA Acer diumpankn ke external monitor dan sisanya dengan minitor laptop. Atur resolusi sedemikian hingga didapatkan layout yang paling sesuai.

Switching antar aplikasi cukup mudah; gerakkan saja mouse ke arah monitor yang lain, otomatis aplikasi akan berpindah.

Untuk CAT ya karena hanya tersedia satu port-COM yang digunakan hanya satu aplikasi yang bisa mengendalikan radio; kecuali kalau memiliki virtual port atau port yang lain.

Nah, kalau Anda pengin tetap terkoneksi dengan jaring social sambil dx-ing dan contesting pergunakan dual monitor.