Lama sudah tidak update blog ini, ya karena ‘kesibukan’ bulan Ramadhan dan sempet jatuh cinta ke tempat tidur harus bed-rest karena trombosit-nya under the edge! ditambah dengan sariawan yang merata di mulut, lidah dan rongga mulut atas, jadi komplit nikmat-nya, saat lebaran pada enak makan opor ayam terpaksa dengan sedikit meringis menahan sakit.

Postingan kali ini tidak terkait  ham related namun masih dalam lingkung radio frekuensi dan gps.

Nah, apabila Anda pemakai smartphone jenis Blackberry ada layanan yang sangat menarik dan patut dicoba (walau agak telat, tapi saya pikir no problem). Layanan yang ditawarkan RIM adalah fasilitas BlackBerry Protect yang konon tempo hari belum bisa dinikmati di Indonesia namun sekarang sudah free service.

Tujuan Blackberry protect sebenarnya adalah untuk memproteksi smartphone BB dan data yang tersimpan di dalam BB tersebut seandainya handset hilang entah ketlisut atau memang dicuri orang.

Nah, layanan yang ditawarkan adalah view location posisi BB (tentu saja BB yang memiliki fitur GPS), Playsound (fasilitas ini digunakan untuk membunyikan BB dengan suara walaupun barangkali modus BB pada silent atau vibrate), Display Message untuk menampilkan pesan kepada penemu BB agar mengembalikan handset ke pemilik (kalau mau🙂 ), layanan backup data (backup data BB), Lock device (mengunci BB) dan wipe device (untuk menghapus seluruh data di BB kalau toh sang pencuri nggak mau mengembalikan handset).

Nah, untuk menikmati layanan ini mutlak diperlukan koneksi yang full service, pergunakan paket BB full service. Install terlebih dulu di handset via APP World dan tentu saja harus inget ID BB yang dipergunakan. Next step adalah login  ke layanan web di sini http://us.blackberry.com/apps/blackberry-apps/protect.html dan pergunakan login dan password Id-BB Anda.

Nah, apabila sudah tersambung di layar akan tampil jenis handset yang dipergunakan, kondisi batterey dan kualitas level signal.

Nah layanan yang paling menarik adalah fasilitas View Location yang bisa dipergunakan sebagai GPS tracker handset suami/istri/anak-anak (berharap saja mereka nggak baca postingan ini) secara on the fly tanpa disadari (bandingkan dengan layanan GPSTracker dari InstaMapper yang terkadang program akan pop-up ke layar utama).

Nah, Anda pemakai blackberry yang smart? Semoga tulisan ini mampu memberikan optimasi fitur yang  memang harus diexplorasi untuk gadget yang dikategorikan smartphone!