Hampir dua bulan terakhir, ruang radio terpaksa di-iddle-kan, bukan karena bosen cq-ing namun karena beberapa ekstension room mengalami renovasi, dan takut kalau ham-shack terbuka berisiko kena debu. Wow,  jadinya terpaksa off-air sementara dan diganti dengan Baofeng UV-3R di VHF untuk akse repeater.

Renovasi juga untuk mengatasi problem atap bocor, tempo ‘accident’ tempo hari yang berhasil menjebol atap, plafon, dan ganti tanki BBM tunggangan Bajaj P200 yang dengan terpaksa diganti dengan BNIB fuel tank Bajaj warena merah yang terpaksa rogoh kocek agak dalam, 1.25jt mas bro!

Barusan tadi malam, setelah pulang dari kompeni terpaksa mengalihkan rasa penat dan lelah, segera diselesaikan dengan me-re-layout lagi ham shack.

Meja radio mempergunakan papan multiplex ukuran 60 x 80 cm dengan disangga dengan siku dan di-bor ke dinding. Untuk menambah luasan ditambahkan di atasnya plat berbentuk rak untuk menempatkan LED monitor dan Acer 6720 sebagai cpu-nya, fully loaded dengan Ham Radio Deluxe, N1MM dan software yang lain, dan tentu saja konek dengan wifi via Linksys WRT54GL.

Dari kiri the old brother Kenwood TS450S, the young boy Yaesu FT450D, dan ALinco DR635 dual band VHF/UHF.

Ham shack dengan dinding yang kosong akan terasa memobosankan, Tentu memerlukan wall-paper yang bersesuaian. Nah, walpaper yang cocok untuk membikin betah dan bersemangat tentunya adalah wallpaper yang terbangun dari certifikat atau plakat hasil kontes. Bukan berniat ujub, namun lebih untuk menyemangati diri sendiri bahwa masih ada ruang di tembok yang perlu diisi dengan sertifikat berikutnya. Atau barangkali kalau ada rekan yang berkunjung bisa memberikan motivasi dan semangat untuk menjajal dx-ing dan kontesting.

Cukup beruntung di Semarang ada sentra jasa pembuatan figura di sekitar Bubaan, total sebanyak 34 sertifikat telanjang telah diberikan figura dan melengkapi wallpaper. Di Bubaan, Alhamdulillah dapat harga yang relatif lebih murah Rp. 12.000,- coba bandingkan di online dan di counter cetak foto yang berkisar Rp 25-30 ribu, mosok 900 ribu untuk alokasi figura? he he…..

Kira-kira siapa lagi yang seneng dengan lay-out baru? eh, ternyata anaka lanang seneng banget dengan ruang baru dan aktif melihat-lihat wallpaper dan menyalakan radio. Alhamdulillah cita-cita lama memiliki dedicated room untuk radio-shack menjadi kenyataan.

YF dan anak lanang sangat senang, dan tentunya si OM  lebih senang lagi.

Apa yang kurang ya?  Kayaknya perlu pasang antenna Diamond F23 ? selain melengkapi TH3MK-IV, rotary dipole dan dimond X30.

Ada yang mau menyumbang Diamond F23? Barang bisa dilihat di sini lho!

Monggo lho!