Akhir pekan ini, nggak tahu kebetulan atau tidak, ada satu peristiwa di tanah air yang penting yang berkenaan dengan Rusia: jatuhnya superjet Sukhoi SJ100 di Gunung Salak, semoga arwah korban diterima di sisi-Nya dan kontes yang secara tahunan diselenggarakan oleh Soyuz Radiolyubitelei Rossii  yang bertajuk CQ-M atau CQ-Mir yang berarti Peace to the World.

Nah, saatnya Yaesu FT450D dicoba unjuk gigi untuk kegiatan kontes yang sebenarnya. CQ-M terbagi atas moda CW, SSB dan Mixed; dimulai Sabtu malam 12.00Z hingga Minggu malam 12.00Z.

Kalau ikutan kontes mode phone, satu bagian yang paling melelahkan adalah secara manual CQ-ing di depan microphone dan akan sangat lelah kalau panggilan CQ nggak mendapatkan respons yang baik. Nah, pada kondisi inilah diperlukan tambahan asesoris, semacam Voice Keyer. Voice Keyer yang keren buatan MFJ type MFJ-434B kalau dilihat di online shop bisa mencapai $180, nah silakan dikurs-kan ke rupiah, he he…. Nah, di fasilitas N1MM logger ada sebenarnya fasilitas voice keyer dengan merekam terlebih dahulu ke dalam format .wav terus diasosiasikan pada tombol di logger N1MM.

Nah, karena belum sempat pasang jalur soundcard-radio, fungsi voice keyer di N1MM sementara ditinggalkan dan menggunakan fasilitas voice keyer di Yaesu FT450D yang disebut dengan Voice Memory. Nah, mirip dengan N1MM, fasilitas voice memory di FT450D mempersyaratkan perekaman terlebih dahulu; kapasitas rekam maksimal 10 detik dan terdiri atas dua slot memory VM1 dan VM2,

Cara penggunaan sangat mudah dengan setting tombol Voice/CS untuk transmit isi VM1 atau VM2. Jadi pada saat jeda dan rate QSO rendah pergunakan voice memory untuk menghemat energi agar tercapai kinerja kontes yang lebih baik.

#ini yaesu-ku mana radio-mu