Kata orang band 6M, yang termasuk zona abu-abu antara berkarakteristik HF dan VHF, sering dikatakan magic band. Magic karena tipikal propagasi-nya berubah-ubah; kadang close-band atau bahkan opening pada waktu dan arah tertentu.

N ah, masih dalam kredo ‘nganyari’ FT450D yang dilengkapi dengan 6m jadi penasaran njajal magical band ini. Tentu saja yang musti dipersiapkan adalah antenna; karena memang band ini, di samping WARC, belum terpasang di QTH.  Paling mudah adalah dipole dan turunannya, namun rasanya dengan kondisi propagasi sedemikian, beaming antena rasanya lebih mumpuni.

Beberapa referensi sudah dilirik, antara lain optimized yagi seperti rancangan Loop Feed Array G0KSC, bisa dilihat di sini. Namun, kriteria yang menjadi perhatian adalah simple namun memberikan kinerja yang tidak kalah.

Nah, lirikan mata tertuju ke antenna Moxon, beberapa project pada KD6WD moxon antenna project dilaporkan moxon memiliki kinerja yang bagus gain dan front-to-back ratio-nya. Sila cek di sini.

Nah, dengan bantuan software MoxGenerator (MoxGen) didapatkan formulasi dimensi untuk moxon dua elemen. Beberapa disain mempergunakan spreader fiber namun rasanya cukup mahal untuk membeli empat batang fiber/joran pancing.

Rancangan yang lain adalah mempergunakan spreader pipa pvc dan tee-pvc, nah, kalau ini, he he…kebetulan di kompeni banyak proyek instalasi listrik, fire detector+fire alarm, plus intalasi telepon, tersedia ‘sisa-sisa’ pipa conduite dan tee-dus untuk junction. 

Nah, dengan sedikit memelas akhirnya didapatkan beberapa batang pipa high-impact conduite lengkap dengan tee-nya, he he….aseli cap Ratu alias oRa Tuku…. Dibandingkan tee-pvc yang lain high impact conduite+tee (merk Cl***al) ini memiliki karakteristik yang berbeda; lebih tebal dan ukuran-nya metrik jadi nggak sesuai dengan pipa pvc ukuran inch. Kabel menggunakan NYM 1.5mm, juga cap RaTu, he he….\

Jadilah, sabtu pagi ini proyek 6m Moxon rectangular dimulai. Nah, karena terburu-buru njemput anak sekolah, nggak sempet ukur dengan swr; cukuplah dengan fasilitas tuner di 450D, he he… serba quick alias express.

Scanning, scanning, dan scanning…..posting di bbm group ngajak sched, dikomentari OM Syarief YB1FWO/JG1WCT untuk cek beacon namun nampaknya propagasi belum membuka. Oke, demikian report sementara uji coba di 50MHz.