Rasanya kalau untuk mengejar award yang dikeluarkan ARRL (termasuk award standard bergengsi DXCC series dan WAS), kehadiran layanan LoTW cukup memudahkan di dalam proses aplikasi award ini. Nah, merujuk ke account yang pertama sebagai YB2ECG, pengin juga sih melihat performance dari previous call, YC2ECG.

Nah, rasanya saya termasuk yang paling rajin di dalam mengelola archive log; namun nyatanya kok setelah diubek-ubek di external hardisk kok nggak ketemu, nah untungnya si OM YC2ECG cukup rajin upload ke eQSL.cc.

Nah, masalah terpecahkan. eQSL.cc juga melayani permintaan download load yang pernah kita kirimkan ke eQSL.cc dalam bentuk ADIF. Seperti diketahui LoTW menghendaki log dalam bentuk ADIF yang sudah di-signed oleh t-QSL.

Untuk tambah account di LoTW cukup mudah; cukup kirim aplikasi via t-QSL dan file konfirmasi akan dikirimkan via email tanpa perlu lagi kirim dokumen via pos.

Dan, rasanya pergerakan QSL di layanan LoTW cukup mencengangkan, dari sekitar per hari ini, 22 Maret 2012, YB2ECG telah upload sekitar 16,119 QSO records dan tingkat confirm QSO alias QSL di LoTW selalu meningkat. Per detik ini tercapai 5,006 QSL records, dan kalau kita amati rata-rata bisa mencapai 10-20 QSL per hari. Bayangkan dengan layanan hard QSL😀

Bagi saya yang belum terlalu pengin disebut Award Hunter, cukuplah LoTW dipergunakan untuk mengejar DXCC series award via LoTW.

Rasanya DXCC award series cukup ‘elite’; saya pribadi masih mengejar untuk seri DXCC award Digital 82/82, masih kurang euy.

Kenapa saya bikin postingan mirip promosi LoTW? Ya, semakin banyak amatir radio join di LoTW otomatis jumlah QSL berpeluang akan semakin tinggi laju kenaikannya, sehingga diharapkan bisa memenuhi quota untuk aplikasi award DXCC!

Itu saja!