Bermula dari urusan kompeni untuk mencarikan sebuah handy-transceiver untuk seseorang; gila bener seseorang ini pinter bener ‘meminta’ dan ‘mengarahkan’ alias ‘ngarani’ sebuah handy transceiver double band dan spesifik mengarah ke satu merk dan type: Yaesu VX-7R! ‘the dx-er choice’. Saya juga mau tuh VX-7R!

Dan rasanya di room shack untuk urusan handy transceiver masih belum lengkap; Icom IC-2GAT kayaknya terlalu sering iddle di room shack. Kayaknya perlu handy transceiver, double band dan tentu saja bisa dibawa kemana-mana.

Nah, calling sohib, YD0NGA, rekomendasi yang logis adalah handy transceiver made in China! Wow… dengan pertimbangan budget, sambil nunggu uang tabungan cukup untuk VX-8R, rekomendasi beliau adalah Baofeng UV-3R.

Benar saja, ke CME Solo, ternyata produk ini bener-bener sold out; dan ternyata pula Baofeng ini memproduksi secara custom untuk merk-nya. Bisa jadi tipe Baofeng UV-3R bisa berganti logo Weirwei, atau yang lain, atau kalau Anda mau bisa pesen dengan merk nama Anda!😀

Dan ternyata rekomendasi YD0NGA nyatanya nggak salah, UV-3R ini mendapat respons yang positif di eham reviews. Sila cek di sini. Cukup bagus nilai 4.0/5 he he…. Bahkan om Julian, G4ILO pun sempet menulis di blog-nya cukup positif. Bahkan ada milis khusus UV-3R di yahoogroups.com juga ada thread khusus di kaskus.us yang bertema All About Baofeng UV-3R.  Cukup mengesankan.

  • Frequency Range: 136-174 / 400-470MHz
  • Dual-Band Display, Dual-Standby, Dual Display Output Power: 2 Watts
  • 99 Channels + 1 Emergency Channel 50 CTCSS and 104 CDCSS
  • Built-in VOX Function 1750Hz Brust Tone FM Radio (87.0MHz-108.0MHz) LED Flashlight Large LCD Display Hight /Low Power Switchable
    25KHz/12.5KHz Switchable
  • Emergency Alert
  • Low Battery Alert
  • Battery Saver Time-out Timer Keypad Lock Monitor Channel
  • Channel Step: 5/6.25/12.5/25KHz,
  • Operating Voltage 3.7V Operating Temperature  -30c~+60c
  • Battery (Li-ion) Antenna Impedance 50 ohm
  • Dimension(without antenna&battery(L×W×H) 47*81*23(mm)
  • Weight(with antenna&battery) about 130g
  • Transmitter RF Power Output UHF:2W/  
  • FM Noise 65dB,Adjacent Channel Power 45dB/42dB Receiver
  • Spurious response rejection 60dB
  • Receiver current 400mA Standby Current 75mA

Bener-bener mungil di tangan dan pas masuk kantong. Dengan harga lk 600 rb include ongkir cukup menyenangkan untuk just play arround komunikasi lokal, tambahan featur VOX dan earpiece cukup menyenangkan untuk dipakai bergerak. Antenna bawaan adalah antenna double band, namun dari beberapa review performance-nya kurang dan disarankan menggantinya dengan antenna double band yang lain, dan rekomendasi-nya adalah Nagoya NA-701 (online sekitar 130 rb include ongkir).

So far cukup menyenangkan menggunakan UV-3R (sambil membayangkan memegang VX-3R🙂 ); dengan fasilitas radio FM dan senter LED (he he…) plus alarm emergency yang akan melengking berbunyi nyaring sangat cocok untuk dibawa jalan-jalan. Mana ada VX-3R dilengkapi senter dan sirine alarm? Yang menarik lagi saat digunakan mendengarkan radi FM transceiver akan berpindah ke kanal VHF/UHF kalau pada frekuensi standby ada sinyal yang diterima.

Terus terang saja kalau yang kemarin minta Handy Transceiver nggak menyebut VX-7R saya berkeyakinan cukuplah dibelikan Baofeng UV-3R Mk-II aja; emang beliau-nya mau bekerja 50 MHz?So, kalau ada rekan-rekan yang membutuhkan sebuah handy transceiver yang kompak dan tiny di kantong dan budget kehadiran Baofeng UV-3R cukup menjanjikan; dibandingkan HT GMRS/FMRS semacam Motorola TalkAbout HT ini lebih berdayaguna karena bisa bekerja di band amatir.

Pengin tambah satu lagi sebenarnya untuk media latihan anak di rumah; tetapi nanti aja dah, barangkali YD0NGA atau YB3TD mendapat gratifikasi dan berkenan mengirimkan ke Semarang. Ha ha…..