Ah, susah amat nih bikin judul😀

Ya, di awal bulan Desember 2011 kondisi propagasi di high-band 10m bener-bener menantang untuk dipergunakan untuk dx-ing dan contesting. Itulah mengapa para jawara contester di W-land dan ARRL menyelenggarakan seri kontes di 10m; dan beruntungnya yb2ecg bisa mengikuti seri 10m contest tersebut.

Contest pertama, pada tanggal 4 Desember adalah 10M-RTTY contest yang diselenggarakan oleh rttycontesting.com  dan disponsori oleh Muns Vineyard, Ed Mun, pengusaha vineyard dari California; dan bahkan top-ten single operator berkesempatan meraih sebotol fine-California vineyard. Mantaf.

Bekerja, eh, berkontes-ria di single band dan single mode sangat menyenangkan; QSY-ing nggak banyak terjadi, tuning antenna juga lebih enak, dan didukung oleh kondisi propagasi yang mendukung dengan SFI-144 cukup menyengangkan; TS450 cukup running 80-90Watt saja, dengan USB soundcard dan homebrew ptt-interface dan tentu saja dengan Acer notebook 4720 dengan wide-screen Samsung LED, wow kokpit di hamshack cukup memuaskan; satu-satu-nya intruder adalah kewajiban ternak alias antar dan jemput anak ke sekolah😀

First run lumayan lah dapat beberapa station di pantai barat termasuk VE-land, British Columbia, Arizona, California, Oregon, Washington dan tentu saja beberapa JA-land. Sampai akhir contest terkumpul 108 QSO’s dengan diselingi family matter. Dan sampai hari ini, berdasarkan log-received Don Hill, AA5AU telah menerima sejumlah 675 logs dari seluruh dunia.

Bagaimana dr YB-land? Dan nampaknya hanya the one and the only, YB2ECG yang nangkring di laman log-received

Kontes yang kedua adalah 10M ARRL Contest pada tanggal 10 Desember; nah dari judulnya sudah jelas penyelenggara-nya adalah ARRL; dengan mode CW/SSB. Pertukaran mirip dengan 10M-RTTY yaitu serial number untuk DX dan country untuk W-land. Diselingi dengan hujan deras dan aktifitas keluarga hanya berhasil mengumpulkan sejumlah 54QSO’s. Hal yang menarik adalah QSO skip antara YB2ECG dan YB2DX OM Hans di Grobogan; cukup sulit ternyata ber-QSO Semarang-Grobogan; barangkali karena antena mengarah ke NA jadinya mesti dua kali kesempatan yang berbeda baru bisa confirm itupun masih diperlukan re-konfirmasi via BBM, ha ha…… Thanks OM Budi.

Secara umum cukup menikmati kesempatan langka dengan dua buah seri kontes di 10m; sebelum siklus SFI-144 yang katanya kembali lagi 11 tahun berikutnya! Jadi cukup beruntung khan?