Salah satu agenda kontes di mode RTTY yang saya pribadi anggap menarik dan masuk kategory 5 Stars Category adalah WAEDC alias Work All Europe Digital Contest yang di-manage oleh DARC (Deutsch Amateur Radio Club).

Apa yang menarik? WAE sebenarnya terbagi atas 3 bagian/mode: seri SSB, CW dan RTTY. Berbeda dengan mode yang lain pada mode rtty berlaku everybody works everybody alias tanpa melihat boundaries contester berada dan feature yang merupakan trade-mark WAE adalah pertukaran QTC.

Nah, memenuhi undangan OM Joerg, DL8WPX yang merupakan contest manager WAE, pagi ini dari Sabtu hingga Senin pagi dijadualkan WAE RTTY contest. Saya sendiri berencana mengikuti kategory single operator all band, low power dan tentu saja pilihan software adalah MixW (demo version).

Nah, cukup dengan Low Power 50 Watt Kenwood TS450S dengan TH2MK-IV siap action didukung oleh Acer 4720 dan LED wide screen Samsung (he he….enak bener contesting dengan layar lebar).

Propagasi nampaknya cukup terbuka untuk 10m dan 15m, dan saya rasakan 20m propagasi cukup berat untuk melakukan kegiatan contesting; jadinya sementara fokus pada 10m dan 15m. Dan untuk mengimbangi peroleh nilai (lho ini khan kontes) saya bermain-main dengan QTC’s sepanjang kondisi band memungkinkan.

Dan, ternyata memang benar 10m dan 15m memberikan andil kontribusi perolehan QSO yang menguntungkan; low band 40/80m sangat tidak berharap, he he…. Minggu pagi merupakan saat yang menyenangkan, untuk sementara melupakan aktifitas gowesing dan kembali menekuni hobby lama contesting di rtty~. Dengan kondisi band yang menguntungkan cukup dengan low power nampaknya cukup berhasil menembus tirai W-land; terbukti dengan pile-up dari W-land. Sempet logged OM Don, AA5AU, seorang avid dan mentor RTTY contesters dan nampaknya juga Don cukup memberikan hasil dengan memberikan spot di dx-cluster! Thanks Don!

Kondisi ini juga didukung oleh komentar W2FB, OM Steve Busono di page Facebook YB Land DX-club dx yang memberikan report solid copy di New Jersey! Thanks Steve!

Nah, di sela-sela contest berseliweran sms perihal WAE contest ini; terutama dari INS-99 OM Kustiono, pelanggan juara WAE series untuk kategory SWL. Saya nggak ngerti walau sudah punya lisensi YD2EEE OM satu ini masih seneng aja ikutan kontes nguping alias SWL-er. SMS yang berikutnya adalah dr YC2LEV yang menanyakan how to handle the QTC’s; pertanyaan menarik dan sebenarnya cukup sering diulas di blog-blog amatir radio.

Nah, jadinya tulisan post ini sekalian aja mengulas perihal QTC’s (seperti janji saya ke YC2LEV via sms).

Beberapa aturan kirim dan terima QTC pada WAE (rtty) antara lain :

  1. Harus dilakukan antar station berbeda continental. Ingat YB-land berada di Ocenia, kita bisa bertukar kirim QTC dengan Asia (pilih JA, 9V1 atau dengan stasiun pada kondisi komunikasi yang cukup reliable).
  2. Sebuah QTC terdiri dari waktu, callsign dan serial number dari QSO yang dilaporkan.
  3. Contoh 0458/YB2EMK/002 berarti bahwa kita telah berhasil ber-QSO dengan YB2EMK pada 0458 UTC dan memberikan serial number 002.
  4. Setiap QSO hanya boleh dilaporkan sekali sebagai QTC dan tidak boleh dilaporkan kembali ke stasiun aslinya.
  5. Sebuah QTC terdiri dari minimum 1 dan maksimum 10 data QSO
  6. Tulisan ini mengacu kepada penggunaan MixW. Untuk awal setting lakukan delete/penghapusan pada folder MixW file QTCTX.log dan QTCRX.log.
  7.  Untuk  MixW sudah disediakan text macro khusus untuk men-generate QTC; tinggal dibentuk menjadi satu kesatuan macro; namakan saja QTC Tx untuk mengirimkan QTC. Text macro untuk generate QTC : <TX><STATS:GENERATEQTC><CALL> QSL de <MYCALL> pse k <RX> akan memberikan kondisi transmit dan mengirimkan QTC dan diakhiri dengan closing dan kembali ke kondisi receive transceiver. <TX> < STATS:REPEATQTC> <CALL> QSL DE <MYCALL> K <RX> akan memberikan perintah pengulangan kirim QTC secara keseluruhan; terkadang kondisi propagasi mengakibatkan tidak sempurna-nya seluruh QTC yang dikirimkan diterima secara lengkap dan sempurna.
  8. Untuk pengulangan sebagian, bersiaplah mempergunakan fungsi copy dan paste dan kirim; cara-nya cukup mudah dengan meng-highlight baris QTC yang diminta diulang, klik copy kemudian paste-kan ke windowt transmit dan lakukan transmit. Lakukan minimal 3 kali untuk mengantisipasi permintaan pengulangan.
  9. Untuk pengiriman QTC masukkan callsign lawan QSO yang akan menerima QTC pada layar WAE Dialog. Layar dialog WAE ini memberikan QTC yang tersedia untuk bisa dikirimkan.
  10. Selesai pengiriman lakukan close QSO dan save log; saving log selain mencatat data QSO juga menyimpan data QTC pada file QTCTx.log
  11. Untuk menerima QTC lakukan informasikan kepada lawan QSO; masukkan callsign lawan ke WAE dialog, setelah QTC lengkap diterima lakukan highlight/blok seluruh QTC dan klik add to statistik. QTC akan tertampil di layar dialog. Apabila ditemukan sebagian QTC tidak sempurna mintalah pengulangan dan lakukan editing dengan membuka file txt QTCRX.log.
  12. Nah, cukup mudah dan menyenangkan dan memberikan additional point bagi perhitungan score.

Dengan mengirim dan menerima QTC akan ditambahkan sejumlah point setara dengan jumlah QTC yang dikirimkan, sehingga dengan jumlah QSO yang relatif sedikit namun dengan memanfaatkan pertukaran QTC dapat diperoleh score yang lebih tinggi.

Untuk pengiriman log, pihak WAEDC tetap mempersyaratkan log dalam bentuk Cabrillo. Jangan lupa pula dikirimkan dua file QTCTX.log dan QTCRX.log sebagai data QTC kirim dan terima.

Pengin merasakan WAE RTTY yang sesungguhnya, cobalah manfaatkan fitur QTC.

Dan saya pribadi, setelah mengulas QTC di WAE ini Anda cukup percaya diri di dalam ikut aktif di dalam aktifitas kontes rtty serie WAE.

Do you have any QTC for me? Maka jawablah dengan yakin Yes, I have QTC for you, pse QRV!

Detail QTC handle pada logger/software yang lain semacam W1FB, N1MM, Writelog bisa ditengok blog-nya OM Phill, GU0SUP di sini.

Advertisements