Bermula dari tulisan di laman eham.net jadinya rada penasaran juga untuk mecoba layanan LOTW dari ARRL, di samping rasanya cukup menantang melihat award statistik dari Logger32 untuk mode digital/rtty.

Rasanya cukup menantang pula untuk aplikasi DXCC di segmen RTTY; dan nampaknya di YB-land juga nggak terlalu banyak yang apply dxcc mode rtty/digital.

Okelah. Sesuai dengan instruksi yang diberikan dalam bentuk format .pdf rasanya cukup mudah untuk mengaplikasikan LOTW.

Untuk mengguanakan layanan ini cukup menempuh 6 (enam) buah langkah/step; sila tengok ke sini. Langkah yang utama adalah mengunduh dan menginstall TQSL (Trusted QSL) yang terdiri atas dua program TQSL Certificate dan TQSL.

Langkah berikutnya adalah meminta/request certificate untuk callsign yang kita punyai dengan menggunakan TQSL Certificate dan akan terbentuk file misal YB2ECG.tq5, nah file TQ5 ini perlu dikirimkan via email ke lotw-logs@arrl.org. Langkah berikutnya adalah mengirimkan dokumentasi via pos/surat ke ARRL yang berupa fotocopy IAR dan dokumen yang lain semisal KTP/SIM.

Sampai tulisan ini terbentuk saya pribadi masih menunggu kiriman email yang berisi balasan dan lampiran file YB2ECG.TQ6 yang berupa certificate untuk aktifasi langkah berikutnya.

Apakah fungsi LOTW?, yang pasti adalah digunakan untuk aplikasi award yang dikeluarkan oleh ARRL; sampai hari ini valid untuk aplikasi DX-CC (DX-Century Club),  WAZ (Work All Zone) dan VUCC (VHF/UHF Century Club) secara elektronik/digitalize tanpa perlu verifikasi QSL card secara riel (walau LOTW ditujukan tidak untuk menggantikan kartu QSL).

Kepingin aplikasi DXCC dan WAZ secara elektronik dan relatif cepat proses-nya? Cobalah LOTW!