Amatir Radio, biasanya (dulu), identik dengan malas gerak (olahraga), kuat merokok dan kuat minum kopi. Dengan paduan ini dapat dipastikan akan betah untuk ngobrol di depan radio sekedar ragchew, kontesting bahkan mungkin sambil bermain solder. Akibatnya barangkali kebugaran akan berkurang. Tubuh pucat, rambut berdiri, bukan karena emisi RF namun lebih karena tidak imbang antara kegiatan fisik terhadap tubuh.

Anda mesti tetep fit alias bugar. Nah, dari alasan inilah si OM sekarang aktif bergowes-ria; yang memang terkadang agak berbenturan dengan agenda amatir radio, tapi demi fitalitas dan kebugaran serta menekan cholesterol serta nilai TGE yang semakin tinggi mutlak harus bergerak. Nah, pilihannya adalah gowes dan sekalian ber-B2W.

Nah, aktifitas B2W (Bike To Work) memang menyenangkan dan menyehatkan. Namun melihat kondisi lalu lintas dan perilaku pemakai jalan yang kurang ber-edukasi yang suka srunthal-srunthul dan sepeda merupakan alat transportasi yang ter-marjinal-kan memang perlu tindakan pencegahan.

Belajar dari risk analysis mutlak diperlukan tata cara bersepeda yang baik. Yang jelas kondisi sepeda harus fit dan sehat, pergunakan safety device yang cukup : helm dan sarung tangan serta lampu depan/belakang pada saat nite-ride.

Tetep stay on left, dan pergunakan tanda-tanda/signaling untuk isyarat berbelok serta jangan lupa kartu identitas diri.

Nah, beberapa waktu yang lalu sempet kejadian di Semarang, satu orang pesepeda ditabrak oleh pengemudi mabuk habis pulang dugem. Pesepeda tentu saja meninggal, namun sangat disayangkan pesepeda ini tidak membawa kartu pengenal sehingga terpaksa jenazah berdiam dulu di kamar jenazah sambil menunggu proses identifikasi.

Berkaca dari pengalaman di atas, dan terkadang suka ketinggalan dompet di saku celana, diperlukan id-device yang cukup; ya semacam tag yang dipunyai para tentara GI atau semacam dog-tag.

Pilihan di internet akhirnya tertuju pada produk wrist-id buatan RoadID.com; harga relatif dibandingkan manfaatnya. Informasi yang diperlukan dapat dicetak dan digrafir dengan teknologi laser pada gelang. Dengan 5 (lima) baris dapat dicetak kustomise apa yang dikehendaki.

Anda seorang biker, pegowes, pelari, atau atlit yang beraktifitas di jalan raya? Nampaknya produk RoadID ini bisa menjadi pelengkap piranti safety di jalan raya. Untuk order silakan klik link banner di sebelah kiri.

Happy gowes dan keep safe.