Pada mulanya semenjak menggunakan handset Blackberry (Bold-9780) pengin sekali menambahkan aplikasi yang diciptakan khusus untuk ham-operator radio (sama seperti dulu menggunakan iPAQ-6365, Windows Mobile yang bisa menjalankan PocketDigi dengan lancar jaya), namun setelah tanya-tanya Google tak satupun yang memberikan hasil yang memuaska.

Iseng-iseng kepingin nyariin aplikasi Telnet, semacam Putty untuk akses dx-cluster, eh siapa tahu butuh untuk di kemudian hari. Hasil dari google didapatkan BBSSH yang di halaman about-nya mereka claim  is an SSH and Telnet client designed for your BlackBerry device.

Oke-lah kalau begitu saatnya beroprek-ria dengan telnet ini.

Setelah download dan install di handset, buatlah sebuah koneksi, sebagai contoh di samping adalah koneksi untuk dx-cluster.

Host info dx-cluster dapat didapatkan di sini.

Pastikan APN tetap menggunakan blackberry.net

Perhatikan host-name dan port yang digunakan. Untuk koneksi pilihlah BIS-B (experimental); tapi jangan tanyakan padaku kenapa harus memilih yang ini…. he he….

Simpan konfigurasi ini.

Untuk koneksi jalankan koneksi yang tadi dibuat (dx cluster) dan tunggu saat layar berubah ke layar koneksi.

Setelah tersambung ke server dx-cluster berikan login dengan callsign.

Segera akan tertampil, secara real time, informasi dx-cluster yang muncul. Pada awal mencoba, saya lebih prefer ke K1TTT.net dengan port otomatis namun beberapa kali percobaan selalu error dan tidak bisa tersambung dengan server.

Nah, setelah cukup puas bisa tersambung; langkah berikutnya adalah mulai belajar perintah-perintahnya (kali lain pada postingan berikut-nya); semisal barangkali memberikan filter terhadap dx-spot yang dikehendaki.

Nah, akhirnya berhasil juga mengakrabkan si Blackberry dengan kebutuhan Ham Operator radio…. Mau coba? Sumonggo!