Anda penyuka ‘tracking’ alias menguntit seseorang, sesorang yang karena Anda barangkali possesif terhadap pacar atau istri, harus Anda Anda kuntit-i (bener nggak sih kalimat ini :)) tanpa sepengetahuan dia? Apakah Anda harus secara harafiah mengikuti secara fisik kemanapun dia pergi? Waduh, nggak jamannya dong!

Okelah… berarti harus ada pendekatan yang lebih canggih! Maka dan seyogyanya Anda membutuhkan semacam GPS Tracker; GPS receiver yang digabungkan dengan handset+kartu selular. Ini artinya Anda harus berinvestasi untuk pembelian gpstracker+biaya operasional kartu seluler.

Oke, alternatif yang berikutnya adalah menggunakan layanan APRS…. Ups, konsekuensinya Anda harus invest GPS receiver+ Transceiver+ lisensi amatir radio atau beli transceiver plus modul GPS yang sudah ada di dalamnya (sst…denger-denger sohib saya YD0NGA akan kasih saya satu, Yaesu VX-8, he he…peace bro).

Nah, Anda bisa bandingkan sesuai dengan budget Anda untuk keperluan tersebut; akan sangat lucu apabila pacar/istri Anda suruh menggendong radio+gps😀

Nah, apabila Anda memiliki ponsel (blackberry, android atau iphone) ada layanan yang gratis dan bisa dimanfaatkan untuk tracking dengan syarat ponsel Anda memiliki fasilitas gps dan berlangganan data ke provider seluler Anda.

Caranya gampang; silakan registrasi terlebih dulu di sini untuk mendapatkan login dan password serta device-key. Kemudian unduh dan install pada ponsel blackberry Anda.

Lakukan instalasi pada blackberry dan masukkan device key yang diperoleh, dan segera akan terpampang koordinat posisi Anda pada layar blackberry Anda.

Untuk mengecek tracking via web log-in -lah pada website dan pilih live-tracking. Akan nampak posisi pergerakan blackberry Anda.

Cukup mudah…. nah sudah siap Anda memata-mata-i seseorang, tinggal pinter-pinter saja Anda menginstall-kan gps-tracker pada handset-nya. Diperlukan trik, ya iseng-iseng saja Anda sok tahu gadget dan pengin tambah aplikasi yang biar handset-nya tambah keren…😀