Jaman semakin berkembang, dan teknologi pun tak terlepas dari laju perkembangan itu. Dan telepon, salah satu moda telekomunikasi pun mengalami perubahan, dari telepon engkol, DTMF hingga wireless dan terakhir menuju cellular dengan berbagai feature tambahan, yang mungkin belum terpikirkan oleh Graham Bell dulunya.

Ada cellular phone yang memiliki kapabilitas multimedia, fotography bahkan navigasi, dan bahkan cenderung ‘melupakan’ fungsi utama: telepon. Pemeo yang terjadi adalah bukan membeli celular phone, melainkan membeli walkman, kamera atau GPS  yang bisa digunakan untuk telepon/sms😀

Operating sistem pun berkembang dari Java, Symbian, Windows Mobile, Blackberry OS dan terakhir the rising star: Android.

Nah pertanyaannya? (ya karena ini blog mengenai ham radio) selular mana yang paling cocok, minimal dalam kriteria mengakomodasi kebutuhan ham radio?

Penulis pribadis sempat merasakan ‘smartphone’ dari keluarga iPAQ6365 yang memiliki fungsi lengkap dari Wifi, bluetooth. Menggunakan windows mobile beberapa aplikasi semacam PocketDigi mampu untuk dioperasikan dengan baik, moda rtty, bpsk, cw, bahkan FeldHell.

Kebetulan kali ini ada kebutuhan baru untuk menggantikan N70 hibah dari sohib lama (tulisan di sini) yang mulai rewel dan lelet (kebanyakan aplikasi kali ya). Beberapa review hasil googling kayaknya mengarah ke dua tipe: Blackberry ataupun Android phone. iPhone? Aduh jangan dah….😀

Beberapa rekan amatir pernah posting perihal aplikasi APRS over Android dan DXZone pun kayaknya sudah membuat page tersendiri untuk Android Ham Radio, dan saya belum melihat aplikasi ham radio related over BB (nampaknya impossible kali ya).

Nah, melihat evolution tersebut nampaknya Android adalah ‘masa depan’. Anda setuju? Tolong saya dibantu untuk memilih yang satu ini?