Seperti yang terposting sebelumnya, YB2ECG sekarang mempergunakan operating system Ubuntu 10.04 Lucid Lynch alias kucing hutan, nah bagaimana dengan aplikasi-aplikasi ham?

Malam ini, setelah selesai CNR, city night rider alias gowes malam, ada acara di kompeni, saya sempatkan untuk mencoba salah satu aplikasi  ham di lingkungan Ubuntu. Coba deh aplikasi APRS dengan Xastir.

Setelah Xastir ter-install di komputer dapatkan dulu ‘callpass’ untuk dapat menjalankan Xastir dan masuk ke network APRS. Pergunakan perintah di terminal dengan mengetikkan callpass {callsign Anda}. Anda akan mendapatkan passnumber yang harus diingat untuk dimasukkan ke configurasi di dalam Xastir.

Jalankan Xastir melalui terminal dan lakukan setting configurasi station dan masukkan Callsign dan koordinat lokasi. First attempt, saya hanya pengin mencoba akses via internet (kali lain pada postingan berikutnya barangkali :D); lakukan configure pada Interface Control pilih pada device-0 Internet Server. Klik properties dan isikan passcode yang didapatkan sebelumnya.

Oke, sudah select kembali device-0 dan klik-lah tombol Start, otomatis Anda akan terhubung ke server APRS dan menerima data peta pointer stasiun-stasiun yang aktif di APRS.

Tantangan berikutnya adalah mengganti maps (rasanya kurang menarik maps bawaan Xastir), tapi nampaknya harus dipelajari lagi😀 Rada ‘mumet’ juga nih tetapi upaya yang pertama sudah membuahkan hasil bisa memberikan dorongan bahwa everything is possible!