Ada penyuka contesting? terutama di digimode? ya, hal yang menarik dan memudahkan di dalam mengirim multiple text di dalam digimode adalah penggunaan macro.

Macro itu sendiri sebenarnya satu fungsi yang terdiri atas beberapa perintah dan text untuk ditampilkan.

Ada diskusi menarik di milis rttycontesting yang ‘memperdebatkan’ tentang macro, terutama macro tentang kontesting di digimode, dan semuanya menarik dan ‘benar’.

Ada yang berpendapat ya namanya kontesting ya semuanya harus sangkil dan mangkus (alias efektif, efisien) sederhananya singkat dan padat. Ada lagi yang berpendapat emangnya berapa sih perubahan signifan yang didapatkan dengan macro yang singkat dan pendek? Ada lagi yang mempertanyakan ‘tail ending’ pada saat reply, apakah kita berikan QRZ atu CQ!

(Jadi senyum-senyum sendiri kalau ikutan dan ndengerin kontes nasional, yang ‘buka warung’ teriak QRZed (tanpa callsign), dijawab oleh yang lain QRZed (karena pengin tahu callsign-nya apa) dijawab lagi dengan QRZed, (karena juga pengin tahu callsign-nya apa)  jadi-nya looping terus, kapan berhentinya……..hi hi hi).

Saya pribadi, kontesting adalah fun, jadinya ya kita having fun alias enjoy aja. Jadi pada saat menyusun macro nggak terlalu pendek malahan. Beberapa macro yang saya susun antara lain :

  • F1: <CALL> QSO BEFORE <QSOBEFORETIME> 73 GL, QRZ DE <MYCALL> <RXANDCLEAR>. Macro ini adalah ‘assosiate’ macro yang akan dikirimkan kalau kondisi duplikasi terjadi dan di-link-kan dengan macro pada F3.
  • F2: <TX>CQ TEST <MYCALL> <MYCALL> <MYCALL> CQ <RXANDCLEAR> Makro ini berfungsi untuk open CQ-ing, denfan format 3x Call dengan tail ending CQ, dengan maksud apabila ada station yang ‘zero beat’ dan menangkap sebagian text yang dikirimkan akan langsung mengerti bahwa YB2ECG sedang melakukan open-CQ!
  • F3: <TX><ONQSOBEFORE:F1> <CALL> <GA> <INIFILE:friend.ini,HI,?C> ur <RSTS> <NRS> <NRS> <CALL> K <RX> Makro ini berfungsi untuk menjawab Open-CQ dan agak panjang walau pada realisasinya cukup pendek. Makro ini menggabungkan kondisi duplikasi (makro-F1) dan membuka external file friend.ini dan sebelumnya diikuti dengan salam Good Afternoon/Good Morning sesuai degan time-zone lawan bicara. Pada saat ini QSO belum di-save.
  • F4: <TX><CALL> qsl TU, QRZ <MYCALL> cq<SAVEQSO> <RXANDCLEAR> Closing dan save QSO dan open CQ dengan QRZ.
  • F5 : <TX><CALL> agn ur nr nr <MYCALL> k<RXANDCLEAR> Makro cukup jelas untuk meminta pengulangan exchange.
  • F6: <TX> de <MYCALL> <MYCALL> <MYCALL> k <RX> Makro digunakan untuk mode s/p.
  • F9: <TXTOGGLE> TXtoggle akan sangat berguna apabila dibutuhkan kondisi TX/RX di luar ‘kebiasaan’ flow yang terjadi. Termasuk juga makro BTU, biasanya menggunakan <TX> BTU <CALL> <MYCALL>

Mungkin para pembaca melihat makro di atas masih tergolong ‘lebay’ kurang efektif. Kembali ke esensi having fun on contesting macro-macro di atas cukup menyenangkan untuk dipergunakan. Cukup dengan key F3 dan F4 sebuah QSO kontes dapat terselesaikan.

Untuk file friend.ini dapat Anda download di sini,  sangat bernilai lebih. Don, AF4Z memberikan layanan data base contester (terutama rtty-er) yang selalu terupdate. Dengan menggunakan data base ini QSO kontest yang berkesan cepat dan keras dapat diberikan nuansa lain, bayangkan tiba-tiba lawan QSO Anda memberikan jawaban GM Jon ur 599 001 001 001, yang akan membuat ‘suasana’ kontes jadi lebih renyah. Siapa nggak senang disapa selamat pagi denagn nama panggilan kesayangan kita, sementara di lain fihak data base ini sekalian berfungsi untuk cross-chek bahwa lawan QSO kita bener-bener callsign yang ada di database. Sekilas cuma beberapa rekan YB-land yang terupdate di friend.ini:

  • YB0AI=TAUFAN, YB0UNC=HENDRARTO,
  • YB2BGZ=TIM, YB2CPO=PARTONO, YB2ECG=JON, YB2EMK=ARNOLD, YB2FRR=SIDIK, YB2SV=JOS,
  • YB4IR=IMAM, YB4JIM=AKHMAD,
  • YB5BO=ZAL, YB5QZ=ANTON,
  • YB8BHV=BAKHTIAR, YB8BYL=ARI,
  • YC1YMN=NATSIN,
  • YC2ECG=JON,
  • YC3OSE=AHMAD, YC3RCJ=RUDI,
  • YC8EXL=YANI

Mau coba? Sementara data base ini kompatibel dengan MixW, Writelog, RTTY by WF1B, RCKRTTY, saya masih belum menemukan seting untu fldigi di Ubuntu Lucid Lync.

Atau punya kombinasi macro yang lebih efektif dan efisien? silakan lho berbagi di sini!