Bermula dari blog DIY Project iseng-iseng nyari DIY untuk sepedaan, lha kok menemukan beberapa project yang menggunakan mikrokontroller Arduino, dan nampaknya si Arduino ini sangat populer di kalangan DIY-er (bukan berarti orang Jogja :D). Nah, sekalian pengin belajar itu yang namanya mikrokontroller akhirnya order dah via online di Indorobotika.

Order sebenarnya sudah sebelum libur natal, tapi entah mengapa baru hari ini, 4 Januari 2011, barang pesanan sudah nyampai di kantor.

Saya nggak tahu apakah si Arduino Duemilanove ini cewek atau cowok namun melihat perawakannya yang ramping boleh-lah dikatakan cantik dan manis. Board Arduino sendiri ada beberapa tipe, kebetulan katanya yang laris dan baru ada diskon ya tipe Duemilanove plus sekalian LCD 2×16 sekalian diboyong.

Beberapa referensi dalam format pdf dapat dilihat di bawah :

Nah, pertanyaan berkaitan dengan brokedown-nya si-XP di 4720 ternyata Arduino juga di-backup secara penuh oleh Ubuntu. Nggak percaya sila tengok  di Arduino Playground.

Lha terus buat apa nih repot-repot beli si Arduino? Ya, yang terang dan pasti pengin having fun aja, sekalian belajar tuh bahasa C sekalian belajar Ubuntu Lucid Lynch di dalam programming. Nggak lebih nggak kurang. Eh, siapa tahu bisa bikin experiment yang unik menarik; untuk keperluan di rumah atau barangkali untuk kebutuhan hamshack? CW Keyer, DVK, sensor, servo, rotator, dll dan rasanya dunia jadi terbuka luas. Jadinya nggak rugi kalau beli si Arduino ini, mumpung ada diskon.

Jadinya berlaku dah rumus Ubuntu+Arduino=More Having Fun!

Advertisements