Setelah mengirimkan log hasil EU EPC PSK63 contest tempo hari ke contest manager, OM Victor UT7FP mengirimkan undangan untuk mengikuti kontes pada mode bpsk63 pula, dan kali ini dari club Ukraine yang punya gawe, ya karena baru pertama kali menyelenggarakan beliau-beliau memberi title kontes ini dengan 1st Ukraine EPC PSK63 contest.

Kalau pembaca pernah mencoba moda digital berbasis bpsk; ada banyak varian yang berkembang. Setelah Peter Martinez, G3PLX, detail bisa dilihat di sini. Nah, psk31 kalau dibandingkan dengan classical digimode RTTY akan sangat lambat walau mengalami peningkatan efisiensi bandwith dan nilai ratio S/N (opo iki).

Progressive, nah itu dia. Muncul varian psk63 yang merupakan pengembangan dari psk31 yang lebih efisien dan di-klaim lebih robust dibandingkan dengan RTTY. Skip Teller, KH6TY (nice suffix) founder Digipan alias Digital Panorama (he he… masih ingat YB3TD malam-malam bertandang ke QTH YB2ECG dengan membawa disket3.5″ (ya disket, belum flash disk apalagi external hardisk) yang berisi Digipan versi awal.

Dan Digipan versi terakhir tentu saja juga sudah mendukung mode PSK63, di samping software yang lain semacam MixW (untuk MixW lebih mudah lagi untuk berpindah dari mode psk31 ke psk63).

Menurut Skip PSK63 memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan RTTY, antara lain setara 100 WPM bandingkan dengan RTTY 60WPM, hanya mengambil 1/5 bandwith terhadap RTTY, identik dengan PSK31 cuma lebih lebar bandwith-nya. Dan yang lebih penting, seperti disebut di atas sudah tersedia banyak software yang mendukung moda ini dan siap untuk dipergunakan untuk kontes.

Dan kayaknya memang demikian tipikal amatir radio penikmat moda psk63 ini, IMHO, lebih progresive untuk kontes dibandingkan pada moda psk31 yang notabene, slowly but sure dan rasanya lebih cocok dan nikmat untuk kasual QSO yang ‘berbusa-busa’; terkadang sempet bikin jengkel sudah jelas-jelas CQ CQ Contest dan berharap dapat panggilan, eh ternyata malah diajak ber-ragchew🙂

Kembali ke 1st Ukraine EPC PSK63 contest, silakan detail lihat di sini. Untuk bandplan, gentle-man agreement-nya adalah 2.5KHz di atas alokasi bpsk31 dan di bawah alokasi RTTY; semisal di 20m bisa dimulai di 14.072,5 MHZ dan di bawah 14.080 MHz. Skip Teller juga menyarankan untuk mempergunakan sistem channelized artinya pergunakan selisih 100Hz untuk masing-masing frekuensi ya walaupun kita bisa bebas meletakkan cross-hair di sebarang rentang frekuensi.

QRV fer 1st Ukraine EPC PSK63 Contest? See you soon on the waterfall!