Sedikit terlambat menuliskan report perihal dua kontes di dua minggu belakangan ini. Yang jelas dan pertama adalah my favorite RTTY contest : WAE alias Work All Europe RTTY contest. Berbeda dengan mode SSB dan CW, WAE RTTY berprinsip everybody works everybody, sehingga tidak perlu seleksi apakah lawan QSO dari EU atau bukan, dan satu hal ciri khas dari seri WAE adalah kirim dan terima QTC, yang sering bikin keringat dingin dheg-dhegan.

Kenapa dheg-dhegan? Ya, karena QTC hanya boleh dipertukarkan antar stasiun yang berbeda continent. Jadi pastikan betul bahwa propagasi benar-benar menguntungkan agar pertukaran QTC dapat berjalan sempurna tanpa permintaan mengulang.

Pengalaman pribadi handling QTC cukup mudah dengan MixW, cukup dengan membuat macro kirim dan terima QTC otomatis sudah bisa dipertukarkan. Terkadang sempet geli sendiri saat awal mengikuti WAE dapat pertanyaan QRV fer QTC? dan selalu dijawab dengan SRI NO QTC! padahal sangatlah mudah dan simple karena memang semua di-handle secara software.

Kondisi band cukup menguntungkan di 15m bahkan sempat menikmati pile-ups ke JA dan W-land. 40m terpaksa dengan susah payah, namun akhirnya dapat juga walau cuma 2Q’s dengan rotary dipole.

Secara umum tidak lebih baik dari tahun sebelumnya, namun yang penting have fun aja deh.

Kontes berikutnya adalah EPC BPSK63 QSO Party, nah dari judul kontes-nya jelas bahwa mode yang dipergunakan adalah bpsk63 bukan dengan bpsk31. Berbeda dengan kontes mode bpsk31, kontes di mode bpsk63 lebih menjanjikan dan lebih spesifik.

Kalau pada mode bpsk31 cenderung casual QSO dan senang rag-chew, bahkan terkadang panggilan CQ Contest dijawab dengan rag-chew, bpsk63 lebih spesifik penggiat-nya adalah kontesting.

Cukup terlambat memulainya namun cukuplah menyenangkan. Propagasi cukup lumayan di high band, sempet nengok di 40m dan 10m namun apa daya tangan tak sampai.

Pertukaran yang dipergunakan adalah RST+nomor keanggotaan EPC/European Phase Shift Keying Club. Saya sendiri bernomor EPC#080 namun ternyata perkembangan club EPC ini sedemikian luar biasanya. Dari beberapa pertukaran saya dapatkan ada amatir radio yang memiliki keanggotaan lebih dari 4 digit, seperti contoh :

QSO: 14070 RY 2010-11-21 0522 YB2ECG        599 EPC080 BG5DOW        599  EPC13353

Gila bener, si BG5DOW sudah memiliki nomor anggota #13353, artinya ‘organisasi’ EPC ini sudah sedemikian luasnya menyebar ke seantero dunia😀 terbukti sudah terkumpul (base on BG5DOW) lebih dari 13.000 anggota😀

Anda aktifitas PSK? (maksudnya phase shift keying) segeralah bergabung dengan EPC! See you soon on the waterfall!