Piranti apa yang mutlak diperlukan seorang operator radio, tentu selain radio/transceiver dan antenna serta perangkat keras lainnya? Ya tentu sebuah logger.


Logger adalah ‘catatan’ aktifitas radio kita; mencatat tanggal, jam, frekuensi, dan lawan bicara kita, kondisi pertukaran sinyal yang terjadi dan informasi lain yang bisa ditambahkan untuk melengkapi catatan itu.

Logger bisa berupa catatan manual alias hand-written pada lembaran-lembaran khusus atau mungkin lembaran buku yang diperuntukkan khusus untuk itu.

Alternatif berikutnya adalah berupa elektronik logger berupa software. Dan tentunya banyak alternatif e-logger yang bisa dipilih; baik yang free ataupun yang berbayar, baik yang dedicated untuk kontes atau general logger.

Salah satu logger yang IMHO sangat memuaskan sebagai general log adalah logger32 dari Bob Furzer, K4CY, sila tengok di  http://www.logger32.net/ dan cukup bangga YB2ECG mempergunakan pilihan logger sebagai main log; untuk operasional casual dx-ing atau ragchew nasional dan sebagai muara akhir kompilasi log dari N1MM (untuk kontes phone) dan MixW (untuk kontes digital). Dengan add-on FLDigi sebenarnya Logger32 bisa pula dioperasikan untuk casual digital mode.

Iseng-iseng semalam karena kesal nunggu orang Speedy yang nggak jadi datang, utak-utik tuh lay-out logger32. Dengan koneksi 3G modem via Telkomflash saya tampilkan window telnet untuk akses dx-spider mencari informasi dx-spot. Aktifitas dx-spot langsung tertampil pada bandmap yang bersesuaian di sebelah kiri dan langsung diproyeksikan ke map grayscale-nya. Cukup informatif.

Tambahan lain adalah catatan previous QSO dari stasiun lawan dan saya sertakan window untuk menampilkan data dari offline callbook cd QRZ.

Ke-depan pengin menggabungkan Logger32 dengan HamRadio Deluxe  with dual monitor (halah…..wish list lagi). Bener-bener bikin kantong bolong nih nurutin hobby ini!

Anda pemakai logger32 dan punya rancangan lay-out yang lain please share!

Special credit to Bob Furzer, K4CY thanks for such a masterpiece!