Apa yang menariks setelah bercapai-capai mengikuti kontes dan mengirimkan log ke administrasi kontes! Ya, tentu saja adalah menunggu hasil kontes yang biasanya dipublish lewat halaman internet penyelenggara kontes.

Namun ada fase sebelum contest result tersebut di-publish secara resmi. Biasanya ada pre-liminary contest result baik berupa claim score dan analisis log.

Untuk claimed score ada layanan khusus dari OM Bruce Horn, WA7BNM di http://www.hornucopia.com/3830score/.  Para avid contester pasti kenal nih WA7BNM yang menyediakan jadual contest alias contest calendar.

Dengan preliminary contest result akan terlihat ‘situasi’ hasil kontes; kira-kira berpeluang jadi pemenang tidak. Terkadang ada ‘teman’ yang ‘nakal’, dengan berdalih ‘share management’ bisa mengubah category yang diikuti untuk mencari peluang menjadi pemenang.  xi xi…..

Selain layanan 3830 tersebut (nggak tahu kenapa pakai angka tersebut) biasanya  contest manager akan menampilkan daftar callsign yang sudah mengirimkan log beserta claim score dan kategori yang diikuti. Dapat dilihat di event-nya CQ WW/WPX series ataupun WAE.

Nah, sebelum di-publish secara resmi contest manager akan mengumumkan apa yang dinamakan UBN report; dari kalimat-nya dapat dikira ada tiga komponen pada report tersebut: Unique, Break dan NIL alias Not-In-the Log,

Referensi detail perihal UBN dapat dilihat di sini http://www.cqww.com/cqwwubn.htm

Secara sederhana UBN dapat dijelaskan sebagai berikut  (wuih sok ngajari nih) :

  • Unique/unik : In the entire database (approximately 2.5 million log entries/mode), this call appears only in your log. Jadi hanya Anda sendiri pada keseluruhan log yang diterima yang mencatat Callsign ini.
  • Bad : This call has been adjudicated to have been miscopied. It is not in the country callsign database, or has otherwise been determined to be incorrect; ini menunjukkan perpaduan kinerja telinga dan jari-jemari di dalam mengetikkan sebuah entity dalam entry log logger Anda. Miscopied bisa jadi karena salah ngetik Number ataupun prefix ataupun suffix yang terbalik-balik.
  • NIL/Not-In-the Log : Your callsign is NOT in the log of the station you claim to have worked. Callsign kita tidak tercatat secara benar pada stasiun lawan, bisa jadi miscopied pada lawan QSO.

Nah, setelah cross check pada sistem komputer akan didapatkan final score dan akan diperbandingkan tiga komponen utama tersebut; berapa prosentase kesalahan dan berapa deduction rate, alias pengurangan nilai terhadap claim score ideal kita.

Seorang atau lebih contester yang memiliki keakuratan tinggi pada event kontes berdasarkan UBN report berhak menyandang apa yang disebut sebagai Golden Logs.

Golden Logs menunjukkan performance station dan operator yang bersangkutan, menunjukkan pula kinerja sinkronisasi antara telinga, mulut dan jari-jemari di dalam entry callsign di entry window.

So, pastikan bahwa kegiatan logging adalah akurat, caranya? Beberapa orang baik di kalangana amatir radio  semisal Jim Reisert, AD1C di http://www.country-files.com/ dan Bob Raymond, WA1Z di http://www.supercheckpartial.com/ menyediakan data update yang bisa link dengan logger populer di kalangan amatir: N1MM, MixW, CT dan lain-lain. Perbarui data base tersebut dan lihat prediction yang ditampilkan pada logger; hal ini akan menambah potensi keakuratan logging pada kondisi propagasi yang kurang menguntungkan.

Jadikan log yang mencatat aktifitas kontesting Anda menjadi indikator kinerja kontesting Anda!

Bukan apa-apa kalau saya mengutip contest report EU Sprint SSB tahun 2007 (hi hi….):

We’ve got 7 Golden Logs (JM1NKT, LA6FJA, OL0W, PA0MIR, RX3VF,UA9CEW and YB2ECG). Congratulations!



Reff : http://www.eusprint.com/index.php?page=300&lang=g&contest=20073&ubncall=CN8YE