Satu lagi layanan free alias gratis yang diberikan oleh seorang amatir radio untuk sesama amatir radio di dunia. Hamlog, alias media penyimpan web-base log QSO kita yang sedemikian berharga.

Kali ini disajikan oleh OM Zoli, HA9RQ. Layanan bisa ditengok di http://www.hamlog.eu.  Layanan ini sungguh ibarat memberikan alternatif elektronik log yang sangat mudah, tanpa harus kesulitan mengubah data base log kita dari format ADIF ke format PHP (yang saya bener-bener nggak mudeng).

Cara pendaftaran sangat mudah dan cepat; cukup masukkan informasi callsign, data alamat CQ/ITU Zone, Grid Locator dan tentu saja alamat email. Segera setelah subscribe akan dikirim via email link aktivasi dan saat itu pula account di HamLog dapat segera dinikmati.

Fasilitas on-line logs tentu saja adalah fasilitas upload log; HamLog mempersyaratkan format standar amatir, alias ADIF. Cukup mudah upload-nya browse log dan klik upload dengan cepat log akan tersimpan di server.

Selain layanan upload multiple log; diberikan layanan add, edit, check duplicate dan download log serta kalau Anda memiliki website pribadi online log di HamLog ini menyediakan text html untuk disisipkan ke website pribadi Anda; cuma saya nggak ngerti account di wordpress.com kok agak kesulitan untuk menyisipkan page on-line log dari HamLog ini, sudah dicoba create page baru dan widget namun belum berhasil😦

Apakah keuntungan selain memberikan fasilitas on-line logs? Bagi saya layanan ini sangat menguntungkan untuk alternatif security penyimpanan log kita. Siapa yang akan menyangka apabila hardisk atau sistem komputer yang melayani aktifitas logging tahu-tahu ngadat alias crash? Terus bagaiamana dong nasib log-log kita itu yang merupakan catatan historis tiada ternilai?

Masih ingat ada satu teman yang mengalami hal tersebut, namun beruntunglah beliau aktif untuk selalu meng-upload ADIF-nya ke layanan eQSL.cc yang memiliki fitur download adif seperti HamLog.eu ini, sehingga minimal kita memiliki ‘resource’ lain sebagai media penyimpan seumpamanya teledor di dalam mengelola administrasi log kita.

Pengin coba? silakan OM Zoli akan senang hati memberikan layanan yang terbaik.

Credit to Zoli, HA9RQ Editor of Online HAMLOG.EU thanks for such nice service!