Dari sekian banyak aktifitas kontes yang pernah diikuti cuma beberapa kontes yang mampu membuat ‘adrenalin’ ikut bergejolak. Semisal seri CQ WW/CQ WPX baik phone/rtty karena ‘nama besar’ dan ‘bergengsi’-nya, atau mungkin seri WAE dengan feature QTC-nya yang sering bikin deg-degan.

Dua lagi, yang IMHO, sangat mengganggu ‘kestabilan’ emosi adalah seri Sprint Contest. Lawang Sewu Sprint Contest mungkin belum bisa masuk kategori ini, sorry guys, kecuali contest rule-nya diperbaiki lagi atau di-rejuvenate, halah….

Yap, betul seri Sprint yang sangat populer adalah pertama : EU Sprint baik CW/SSB, yang bagi station outside EU harus only working the EU’s! Satu tingkat kesulitan yang lebih. Kedua, nah ini yang menjadi favorit, pelipur lara bagi non-EU terutama AS dan OC adalah Asia Pasific Sprint.

Kenapa sebagai pelipur lara? ya karena sebagai bagian entity AS dan OC pada event ini, stasiun YB-land bisa working everybody, nggak susah-susah memilah dan memilih seperti pada EU Sprint, keuntungan psikologis yang lain mungkin OC dan AS menjadi multiplier yang diperebutkan dan otomatis outside OC/AS akan beaming antenna ke Asia Pasific.

Dimulai pukul 11.00Z hingga 13.00Z, cukup dua jam saja, di dua alokasi 2 band yang berbeda 15m dan 20m itupun dibatasi segmen pada frekuensi 21.350-21.380MHz dan 14.250-14.280MHz. Aturan mirip dengan EU Sprint namun tidak perlu mengulang pertukaran lawan bicara. Aturan QSY minimal 6 Khz untuk phone, artinya setelah open CQ dan work station, station harus segera QSY minimal 6 KHz dan frekuensi dipergunakan oleh worked station! Jadi bener-bener harus ‘lari’ terpontal-pontal alias sprint!

Dengan ‘sedikit’ mengabaikan undangan rapat RT yang biasanya pukul 19.30WIB, persiapan dimulai sholat Maghrib dulu (be balanced) dan langsung start pada pilot frekuensi. Kayaknya 20m cukup menjanjikan dibandingkan 15m yang kayak kuburan, even looking for any JA’s.

Dibandingkan dengan perolehan tahun kemarin, FYI AP Sprint cuma setahun sekali untuk masing-masing mode, cukup puas mendapatkan 18Q’s (tahun lalu dapat 30Q dengan predikat golden log, artinya 100% accurate logging-nya).  Harus cukup puas dengan perolehan log ini dikarenakan kondisi propagasi yang ‘cukup’ menyedihkan, atau sistim antenna yang memang harus segera dibenahi. Dominasi dari JA’s dan beberapa UA’s.

Sekali lagi cukup menyenangkan mengikuti series AP Sprint ini, dan berharap bisa masuk tiga besar, ha ha….berkhayal loh. Eh, siapa tahu bisa meraih, cukup dah, T-Shirt AP-Sprint.

Dari YB-land, terdengar dari stasiun DX, YB1TJ dan kalau nggak salah YB4SNG namun rupanya skip di 20m untuk sesama YB-land!

Berharap ke depan, AP Sprint dapat terlaksana dua kali setahun untuk masing-masing mode, seperti halnya EU Sprint pada musim spring dan autumn!

Pengin juga ke depan ada keinginan mere-juvenate Lawang Sewu Sprint dengan format ‘truely’ sprint semacam AP dan EU Sprint, kenapa tidak?