Apa yang dibutuhkan untuk mengikuti sebuah kontes? Oke, transceiver lengkap dengan powersupply, antenna sistem, sebuah penguat barangkali? Oke, logsheet mutlak diperlukan.

Manual logsheet pada lembar-lembar kertas? Mungkin cukup untuk kontes manual dengan mode phone atau cw atau kontes nasional.

Bayangkan sekarang apabila mengikuti kontes internasional, pengiriman log secara snail-mail akan sangat tidak efisien waktu dan biaya. Apalagi kalau kontes yang diikuti pada mode digital semacam psk atau rtty?

Di kalangan ‘rimba persilatan’ kontesting internasional banyak tergelar program logger; dari yang berbayar hingga shareware dan freeware, dan semuanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing (dan itupun pula tergantung pada operator yang mengerjakannya). CT, SD, Logger32, WK3M, N1MM, MixW, MultiPSK, Fldigi, MMTY, MMVari bisa dicoba diunduh dan dipergunakan.

Walter Dallmeir, DL4RCK seorang kontester specialis RTTY sebelumnya telah mendevelope RCKLog secara berbayar untuk kontes khusus digital mode/rtty/psk namun bisa pula diaplikasikan untuk CW/Phone, namun melalui milis khusus rtty@contesting.com beliau menginformasikan bahwa logger-nya sudah bisa dipergunakan secara gratis alias tanpa bayaran dan bisa diunduh without any limitation if unregistered.

Pembaca bisa mengunduh versi terakhir versi 3.20 di sini.

Saya sendiri belum install di 4720 Acer Aspire, namun kayaknya cukup menjanjikan untuk kontes pada mode digital. Kenapa? ya karena DL4RCK sendiri adalah seorang kontester dan tentunya di dalam menyusun logger-nya disesuaikan dengan kebutuhan seorang kontester sendiri, layout, handle pengoperasian dan bahkan mungkin antar muka dengan tools  kontest yang lain. Di web-nya juga diklaim bahwa beta tester-nya adalah dari  Bavarian Contest Club (BCC) dan dari DL-DX RTTY Contest Group (DRCG).

Penasaran untuk mencoba? Sila diunduh dan diinstall.

Thanks to Walter Dallmeier, DL4RCK… ternyata memang masih banyak HAM yang baik di dunia ini……..

[berharap suatu ketika ada ‘produk’ dengan embel-embel ‘ECG’, bisa barangkali ECGLog, ECdiGital interface (baca: EasyDigital)….eh siapa tahu]