Apa yang diperlukan seorang contester untuk mengetahu jadual kontes? Ya tentu sebuah kalender. Kalender kontes tentunya. Dan ternyata di amatir radio masih terbersit niat baik untuk membantu sesama amatir radio, salah satunya, adalah dengan cara menyediakan informasi bagi amatir radio lainnya, terutama informasi jadual kontes yang diwujudkan dalam sebuah kalender kontes.
Di kalangan amatir dunia, dikenal beberapa penyedia informasi jadual/kalender kontes. Pada mulanya saya pribadi mendapatkan informasi dari website-nya OM Jan, SM3CER yang beliau mulai pada April 1997 untuk memberikan informasi jadual kontes khusus lokal Swedia namun akhirnya berkembang menjadi sebuah jadual kontes internasional.
Pilihan kedua, dan menurut saya pilihan terbaik adalah site-nya OM Bruce Horn, WA7BNM yang menyediakan jadual kontes yang lebih luas, perpetual tahunan hingga bahkan per 8 hari alias seminggu alias 8 days contest calendar yang menampilkan secara detail contest rule-nya.
Beberapa saat yang lalu OM Bruce juga memperbaharui tampilan di 8-days contest calendarnya dengan menambahkan plotting hari sehingga nampak apabila beberapa kontes saling overlap pada waktu yang sama. Hal ini sangat membantu para kontester yang ‘kemronggo’ untuk mengikuti beberapa kontes yang bersamaan atau berturutan. Sangat informatif!
Jadi kalau Anda pengin cari informasi kontes internasional OM-OM berdua di atas merupakan titik referensi yang sangat membantu.
Pengin rasanya juga berbuat baik untuk amatir radio di Indonesia dengan menyediakan informasi jadual kontes cuma masalahnya terkadang kontes-kontes nasional bisa bergeser alokasi waktunya walau kontes tersebut sudah menjadi agenda rutin tahunan ORLOK/ORDA atau bahkan club station.

Ada yang berkenan memberikan layanan selaiknya Bruce Horn ataupun Jan? Sumonggo!