Ternyata di even manapun prinsip-prinsip ‘trustee’, ‘fairness’ harus tetep dijunjung tinggi. Apalagi di even kontes amateur radio yang merupakan self control activity; Anda sendiri yang tahu, hati kecil yang paling dalam, apakah bisa membohongi diri sendiri, semisal memasukkan sebuah callsign hasil QSO yang Anda sendiri mungkin anggap QSO tersebut tidak sempurna. Apakah kita bisa bangga menunjukkan bahwa kita berhasil mendapatkan DXCC dengan cara-cara yang tidak fair, yang hanya kita ketahui ‘nilai kejujuran’ dari kita sendiri. Orang lain mungkin menganggap kita luar biasa dengan pencapaian itu, namun hati kecil kita akan ragu, apakah ini yang kita cari?

Kembali ke topik di atas, ada tulisan menarik di blog-nya Jamie Dupree, NS3T, silakan cek di http://radio-sport.net/iaru_scoring09b.htm perihal kasus yang menimpa DA0HQ, dari suffix-nya kelihatan ini adalah stasiun Head Quarter dari Jerman pada even bergensi IARU Championship 2009. Sekilas mungkin normal-normal saja namun URE, Spanish Radio Union, berpendapat lain, pencapaian log DA0HQ nampak fantastis, dan setelah ditelusur lebih dalam pada melalui log analysisnya ternyata begitu banyak didapatkan log hasil QSO yang mencurigakan.

Beberapa hal yang disinyalir sebagai bentuk ‘serious irregularities’ adalah  log hasil beberapa stasiun yang dioperatori/dimiliki oleh satu nama pada satu alamat pada berbagai mode dan band pada urutan waktu yang hampir bersamaan.

Beberapa kesimpulan dari log analysis :

  1. Terdapat log dari pirates call pada berbagai band.
  2. Logpadding secara massive pada semua band, dan dilaporkan sebanyak 1.469 Q’s [bukan main]
  3. QSO padding dari stasiun HQ sendiri!
  4. Self announcing frekuensi yang dipergunakan sebelum kontes dan terlihat pada saat kontes.

Melihat kasus ini bisa menjadi bahan pelajaran. Kemenangan pada sebuah kontes bukanlah merupakan hasil akhir yang harus dicapai dengan segala cara. Prinsip ‘trustee’, ‘fairness’ mestinya harus tetap ditegakkan. Karena hakikatnya adalah mengikuti kontes adalah mengukur prestasi diri sendiri.

Ada istilah Golden Log, dan Alhamdulillah pernah mendapatkan kategori ini pada even kontes, yang menyatakan bahwa hasil log di even kontes adalah sempurna, tidak ada satu kesalahan pun, golden log ini didapatkan apabila hasil analisis log terhadap log peserta yang lain adalah matched, UBN report-nya sempurna, dan terus terang itu sangat membanggakan!

So, wanna join on any contest, fair play please…..!

Thanks to Jamie Dupree, NS3T on http://www.radio-sport.net