Pernah naik pesawat terbang khan? Pernah ndengerin pilot merelay percakapan-nya via on-board speaker di cabin, penasaran pengin tahu kayak apa sih komunikasi pilot dengan air traffic controller?

Beberapa waktu dulu OM Riv, YB3TD pernah posting perihal daftar alokasi frekuensi air band bandara di seluruh dunia. Air band bisa meliputi broadcast-nya weather report, bisa mendengarkan pembicaaran Air Traffic Controller dengan sang pilot. Dan itu bisa Anda nikmati kalau memiliki receiver dengan fasilitas air band.

Beruntunglah saya punya teman baik, YD0NGA, yang menghibahkan Alinco DR635 dual band VHF/UHF include Air Band fasilitas lengkap dengan antenna X-30, dan saya bisa mendengarkan air band terdekat di bandara A. Yani Semarang. Biasanya nih awak ni khan amateur dhuafa….ha ha… Thanks a lot brade!

Nah, bayangkan kalau Anda nggak punya receiver air band atau nggak punya sobat baik semacam YD0NGA ya please keep dreaming on, ha ha….

Ndak lah, banyak orang baik di internet. Nah, kalau jaman sekarang nggak punya akses internet…ya bener-bener kacian deh.

Cobalah buka browser ke liveATC.net, akan tersedia layanan audio-streaming komunikasi ATC-ke-Pilot dari beberapa bandara di Amerika Serikat. Live audio streaming bisa dinikmati berbasis flash, java ataupun playing mp3.

Nyobain akses ATC-nya bandara JFK di New York cukup menyenangkan, audio cukup jernih namun memang diperlukan fokus pendengaran dan kemampuan listening yang baik untuk menangkap pembicaraan yang relatif singkat dan cepat.

Cobalah dan bayangkan anda jadi penumpang pesawat Jumbo 747…..Cathay XXX please take off via runway…..good luck!