Ingin menguji seberapa how low you can go? Extreme QRP? Cobalah ‘whisper’ alias WSPR dari Joe Taylor, K1JT. Awalnya iseng-iseng ngoprek problem yang nggak kelar-kelar perihal CAT Cable, udah deh sekalian sudah konek radio dan notebook nyobain dulu deh Whisper yang sudah terinstall.

WSPR kalau di-spell akan berbunyi sebagai Whisper adalah salah satu mode digital untuk QRP extreme, olahan Joe Taylor K1JT. OM Joe ini sangat populer dengan WSJT, yang secara harfiah dapat disebut sebagai Weak Signal by Joe Taylor. Untuk informasinya lengkap silakan klik di sini.

Untuk penggunaan hampir sama dengan mode dijital yang lain selain itu pula WSPR juga bisa menggunakan fungsi CAT. Poor me! ….he he… akhirnya nyobain aja deh dengan receiving only.

Jalankan Whisper dan set frequency sesuai band yang dipilih, set slider ke 0 [zero] kalau hanya untuk receiving. Un-check idle dan segera Whisper akan receiving.

First attempt di band 20m :

Apabila tersambung dengan saluran internet hasil grab dapat di-upload ke halaman Whisper activity sehingga bisa dilaporkan kondisi propagasi dari lokasi kita, karena sebenarnya fungsi Whisper ini lebih sebagai Propagation Reporter.

Penasaran dengan kondisi band yang lain dicoba kondisi propagasi di 10m.

Nah, tantangan sebenarnya adalah ke depan Transmitting dengan Whisper.

Kalau yang lain lebih suka dengan QRO alias menggunakan amplifier, dengan Whisper ini akan menantang seberapa rendah/QRP yang akan bisa dicapai dengan sistem Anda dan seberapa jauh bisa menembus kondisi propagasi.

Dari website Whisper sudah ada yang mencapai 1 mW untuk mencoba mode ini.

Pengin coba….pse go ahead. How Low Can You Go!