Oke-lah, seorang amatir radio adalah ramah tamah, kepada yang belum berpengalaman dia akan membantu, mencerahkan, meng-encourage agar sesama rekan amatir bisa berkembang?

Di amatir radio berkembang apa yang disebut dengan Elmer, seseorang yang berkerelaan hati menjadi mentor, sebagai referensi tempat bertanya, dan bahkan eham.net pun membuat kolom forum Elmering untuk sharing media menampung pertanyaan-pertanyaan.

Namun apakah semua pertanyaan mesti layak di’tanyakan’ ke seseorang? Tulisan ini tidak berniat untuk membatasi kebebasan seseorang [amatir radio] bertanya atau pengin tahu tetang satu perihal. Namun alangkah bijaksananya apabila sebelum kita melempar sebuah pertanyaan, sudah ada upaya, self initiated, dari diri kita untuk mencari jawab secara mandiri. Ya, minimal sudah mempunyai sebuah ‘base-line’ nggak sekedar melempar sebuah pertanyaan.

Terkadang kita, termasuk saya sendiri, begitu malasnya membaca manual….terkadang kalau keceplosan bertanya akan mendapatkan jawaban pse RTFM, please Read The Fxxk Manual? Artinya mbok ya mbaca dulu sebelum melempar sebuah pertanyaan.

Atau mungkin selaras dengan RTFM, kebiasaan di milist, ya mbok search dulu perihal topik yang dicari sebelum create posting! Atau lihat dulu comments sebelumnya di blog sebelum kasih koment berisi pertanyaan…. Atau apalagi ya……..ya, seperti Bart Simpson di atas tanyalah OM Google dulu sebelum mencari jawab ke orang lain….. bukan kah sudah timbul kata aktif baru ‘Googling?”

Sekali lagi, tulisan ini tidak mengandung sinisme terhadap apapun pertanyaan…..apalagi di dunia amatir.

Namun cobalah bekali dulu pribadi kita dengan bekal standar, base-line, yang semestinya kita miliki sebagai amatir radio sesuai dengan kecakapan kita masing-masing…..

Sekedar curhat……..