Sorry sidang pembaca………….sudah beberapa minggu nggak update blog tercinta ini. Ya, karena beberapa kesibukan sebagai buruh dengan tuannya….

Beberapa event kontes juga sempat terlewatkan…….namun yang hal yang paling mengganjal adalah proble dengan CAT cable untuk Kenwood TS450S yang tempo hari dibeli dari rekening paypal hasil jerih ngeblog.

Sebenarnya fungsi CAT-nya sudah berjalan dengan sempurna; dicoba dengan software favorite, terutama untuk kontes sudah berjalan dengan sempurna; artinya kontrol komputer terhadap radio sudah berjalan dengan lancar, dicoba dengan MixW [demo version], N1MM, Logger32, Ham Radio Deluxe sudah kelihatan fungsi CAT-nya.

Problem baru muncul saat mencoba digital mode. Saat mencolokkan jack dari output audio radio ke mic-in soundcard ternyata di waterfall, baik itu MixW, logger32, HRD dan N1MM tidak mendapatkan sinyal apapun. Soundcard seolah-olah muting terhadap input audio dari radio. Namun gejala itu akan hilang apabila kabel CAT yang tertancap di USB-Serial Converter dicabut….dengan santainya muncul sinyal di waterfall…..

Sudah coba posting ke beberapa milist namun belum mendapatkan jawaban yang memuaskan, dan atas saran YD0NGA dicoba tracing per part namun ternyata masih belum menemukan solusi-nya.

Beberapa alternatif mungkin bisa dijadikan percobaan :

  • Update driver Prolific USB-Serial Converter,
  • Beli soundcard tambahan mungkin USB Soundcard yang kemarin selintas survey bisa mencapai $30🙂
  • Ganti notebook non Acer…..
  • Ganti transceiver non Kenwood, ha ha…..

So, barangkali ada rekan-rekan yang pernah punya problem dan memiliki solusi, pse sharing….nampaknya kalau problem ini bisa diatasi akan sangat terasa manis, dan janji dah….mesti akan dishare di blog ini……

Terlalu sayang kalau CAT cable-nya hanya berfungsi untuk phone mode saja…..