Posting ini berawal dari rasa penasaran untuk menambahkan data ham radio dari HB9TLK ke Google Earth, berhasil dan what’s next? bagaimana kalau Google Earth dikoneksikan dengan GPS?

Nah, kebetulan terinstall di notebook Google Earth Pro dan ada menu koneksi antara Google Earth dan GPS….

Saya coba koneksikan Nuvi 205W dengan Google Earth namun kok tidak ada komunikasi yang efektif antara Google Earth dengan Nuvi, walau setting sudah benar…. Mungkin ada pembaca yang bisa memberikan pencerahan?

Iseng-iseng saya lakukan manual saja data POI di Nuvi 205W dengan Google Earth; cukup mudah buka aplikasi Google Earth dan colokkan GPS Anda…pada Garmin Nuvi cari file .GPX dan lakukan drag dan letakkan pada lokasi Places…

track gps with google earth

Dengan segera akan tercipta pada Places Lokasi GPS device yang akan terdiri atas Waypoints, Tracks dan Route. Waypoint akan menampilkan POI yang ditambahkan pada Favorite dan Tracks akan menampilkan track log yang sudah pernah dibuat oleh Nuvi.

Kalau dilakukan zooming nampak ada pergeseran antara tracklog GPS dengan Nuvi..ya barangkali masing-masing sistem memiliki keterbatasan akurasi.

Cukup menyenangkan melihat track log di Google Earth ini, cuma sedikit pesan hati-hati saya tidak ikut bertanggungjawab apabila Anda ‘mencurigai’ dengan pasangan Anda …bisa-bisa terjadi perang di rumah kalau saling sering pulang terlambat….he he….jadi inget lagu nDangdut-nya Evie Tamala…….eh Semalam engkau dimana? Nggak usah tanya ambil saja GPS-nya terus lihat di google earth kemana saja dia ‘ngelayap’ hingga pulang terlambat…..