Tulisan kali ini mungkin tidak banyak terkait dengan amatir radio, namun rasanya cukup perlu untuk di-bagi alias di-share…ya berdasarkan pengalaman mengais-ais di rimba belantara dunia maya, dan yakinlah masih banyak orang baik di internet ini…..

mapsourceSetelah memilik gadget GPS, seperti Nuvi 205W, keinginan yang mendasar adalah melengkapi-nya dengan map/peta. Sebenarnya map bawaan unit sudah cukup kalau sebatas digunakan di Indonesia. Paket bawaan dilengkapi dengan Garmin City Navigator Indonesia versi v4.00 [relatif terbaru] atau bisa ditambahkan map hasil kreasi anak negeri NavNet yang bisa diunduh di navigasi.net.

Namun apabila unit GPS mau dibawa ke luar negeri dan nggak kepingin tersesat tambahan map adalah sebuah keharusan. Nah tulisan kali ini sekedar berbagi cara menambahkan map ke unit GPS:

Menambahkan maps yang berupa file gmapsupp.img [map supply] ke unit Garmin dan SD Card, cara ini dapat dilakukan dengan mengkoneksikan unit GPS ke PC dan lakukan transfer file .img dengan fungsi copy-paste dan rename.
Struktur file di unit GPS folder Garmin dapat terdiri dari :

  1. gmapbmap : basemap
  2. gmapprom : map bawaan dari unit GPS [contoh : City Navigator V4.00]
  3. gmapprom1 : dapat ditambahkan dengan merename gmapsupp.img [contoh CN Southern Asia V2.0]
  4. gmapsupp : tambahan map satu [bisa NavNet V1.59]
  5. gmapoem : tambahan map satu [bisa Malaysia Free Map]

Untuk SD Card tambahkan file gmapsupp.img [saya pakai CN Europe NT 2010.1] eh siapa tahu ada kesempatan dinas ke EU! Nah maksimal dapat ditambahkan 4 maps di unit Nuvi 205W.

Sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan simple, tutorial bisa dilihat di sini. Cara kedua ini akan lebih simple dan bisa ditambahkan map secara tidak terbatas. Namun dibutuhkan sedikit akal muslihat untuk membuka Locked map dari City Navigator.

Syarat utama adalah buka dulu status Locked map dari Map yang akan di-install-kan. Setelah selesai unduh file CN-nya catat ID-map-nya. Pergunakan unlocker di sini untuk mendapatkan kode aktifasi. Unlocker ini memerlukan ID GPS yang Anda miliki [colokan GPS ke USB dan lakukan koneksi, pergunakan mapsource dengan Utillities> Get Unit ID. Lakukan unlocker dengan memasukkan ID-GPS dan ID-map dan lakukan generate. Copy kode aktifasi yang didapatkan.

Buka Mapsource dan lakukan unlock map melalui Utillities>Manage Map Product. Pilih map yang akan di-unlock, klik Unlock Region dan klik Add. Copy paste-kan kode aktifasi pada area region dan klik OK. Otomatis map akan berubah status. Klik MapTools dan pilih area map yang akan dipasang di unit GPS. Klik Send to Device dan otomatis map akan terkirim ke GPS. Selesai.

Untuk pengecekan, cabut koneksi GPS ke PC. Dan melalaui tools-setting-Map-Map Info akan tertera list map yang terinstall di unit GPS. Pilih salah satu atau semuanya untuk aktifasi.

Nah Nuvi sudah terload dengan beberapa maps, tinggal siapkan duit-visa-paspor dan siap untuk jalan-jalan.

Semoga bisa membantu.