INTERACE_IMAGE_2Sudah pernah njajal SSTV di radio alias transceiver? SSTV alias Slow Scan Television adalah mode pengiriman gambar/picture lewat radio. Alokasi mode ini diletakkan di segment frekuensi/band voice. Software tersedia cukup banyak antara lain bisa dicoba dengan MixW dan MMSSTV. Ya karena mempergunakan frekuensi yang sangat rentan dengan noise, kualitas gambar yang diterima akan sangat tergantung pada kondisi sinyal yang diterima.

Nah, di kalangan amatir berkembang SSTV yang memanfaatkan jalur internet sebagai media pengganti transmisi radio. Tersedia software gratis, antara lain InterACE yang bisa diunduh di sini. Dikembangkan oleh Martin Emmerson, G3OQD.

yb2tjv

InterAce akan bertindak sebagai Internet SSTV Transceiver dengan kualitas gambar yang mengasyikan. Tentu saja norma-norma amatir radio harus tetap dipegang, antara lain dilarang mentransmisikan gambar berkonten adult dan yang lainnya.

Setelah diunduh, lakukan instalasi InterACE. Ikuti saja semua pentunjuk yang ada.

YD7IRS failedSetelah terinstalasi lakukan setting di firewall windows untuk exception program InterAce. Lakukan setting firewall dan open router pada TCP/UPD : TCP: 27223 dan UPD: isikan antara 5189-5199.

Saat menjalankan InterACE pertama kali setelah setting Callsign dan informasi yang perlu dimasukkan lakukan setting server: acetv.mcc.ac.uk port-80. Sudah deh langsung bisa konek ke server.

Tampilan program terbagi atas beberapa window informatif. Kolom kiri berisi informasi station yang aktif/login di server sementara window utama merupakan layar terima/kirim picture yang dikendalikan oleh kontrol received/transmit.

Untuk mengirimkan sebuah picture. Klik salah satu page dari 4 page yang tersedia. Klik satu station yang dihendaki. Lakukan load picture dan tambahkan informasi text yang dikehendaki. Cukup, lalu klik send to. Otomatis picture akan terkirim. Apabila berhasil akan tampil informasi pada status kirim.

Untuk layar terima tersedia 4 bh page yang berasosiasi ke lawan QSO yang mengirimkan isyarat SSTV. Pilih salah satu station untuk melihat picture yang dikirimkan.

Secara umum trasmisi dapat berjalan dengan cepat, diuji coba dengan HSDPA cukup memuaskan. Penasaran apakah dengan jaringan GPRS akan didapatkan hasil yang memuaskan pula.

Apabila Anda sudah ngiler dengan mode SSTV namun, klasikal reason, terbentur dengan interface, radio, antenna, namun memiliki akses internet, InterACE layaknya bisa dicoba sambil membayangkan komunikasi sstv sebenarnya di transceiver……