apsprintSabtu ini, 13 Juni ada beberapa event kontes yang menarik untuk diikuti; untuk mode RTTY tersedia ANARTS, Asosiasi Telegrafi tetangga kidul, Australia, kontes nasional Kebon Jeruk Contest di 80m dan Asia-Pasific Sprint Contest SSB.

Ah, tentunya tanpa mengecilkan kontes yang lain, favorite saya adalah Asia-Pasific Sprint Contest SSB yang cuma dialokasikan selama 2 jam dari 11.00-13.00Z dan cuma di 2 band, 20m dan 15m. ANART dan Kebon Jeruk Contest lebih dari 12 Jam. So, skenario yang mungkin adalah ANART di Sabtu pagi-AP Sprint-Kebon Jeruk-ANARTS.

Sabtu pagi sudah siap dengan setting-up rtty dan join dengan ANARTS dan nampaknya propagasi masih belum menguntungkan.

Dan nampaknya ANART kali ini cukup mengecewakan; hanya dengan 14 QSO’s di 20m.

Jam 11.00Z sudah siap dengan N1MMlog untuk Asia Pasific Sprint, dan langsung tancap gas setelah menyelesaikan sholat Magrib. Kondisi band seperti pada ANARTS juga kurang menguntungkan. Band 15m kayak dunia hantu sepi, praktis QSO hanya efektif di 20m. Beberapa JA saya ajak QSY ke 15m, namun sepi tak terbalas walau sudah teriak-teriak. Namun sayup-sayup terdengar YC5OUB di 15m CQ-CQ saya berikan serial number-25 beliau gantian memberikan 015! Bukan main, telaten betul di 15m, padahal di QTH 15m totally blanked. Proficiat OM Irwan.

AP Sprint, seperti sprint yang lain, semisal EU Sprint, memang bisa menaikkan adrenalin dan emosi. Beruntung dibanding dengan EU Sprint yang membatasi QSO dengan EU, AP Sprint sedikit memberikan keleluasaan bagi entity YB karena termasuk lingkup Asia-Pasific. Bagi lingkup Asia-Pasific kontesting adalah everybody work everybody, nggak perlu memilah-milah. Konsep sprint, yang secara pribadi kapan-kapan diterapkan pada Lawang Sewu Sprint Contest, adalah setelah mendapatkan QSO, seorang operator harus segera QSY dan frekuensi dipergunakan oleh stasiun berikutnya, jadi rasanya seperti berlari sprint beneran……..krenggosan betul. Namun asyik. Coba deh. Kalau memang belum boleh di 20m, bisa toh di 15m.

Setelah 2 jam bergelut, full time akhirnya bisa log sebanyak 26 Q’s yang terbagi atas band 20m dan 15m. Tidak lebih baik dari tahun kemarin namun lebih rata di penggunaan band.

Pukul 13.00Z, ikutan nengok di 80m, dan nampaknya propagasi sangat kurang menguntungkan. Ndak papa ikutan Kebon Jeruk contest sekedar partisipasi….

Berharap pula dapat meraih kemenangan minimal country winner atau bisakah mendapatkan t-shirt keren bergambar logo AP-Sprint di atas…..