ct1arr_logoKontesting di mode psk terkadang begitu berat. Berat dalam pengertian harus terus melatih kesabaran. Terutama kalau mode psk yang digunakan adalah psk-31. Sabar dalam sending dan receiving text yang berkecepatan 31 baud dan sabar pula apabila diajak untuk rag-chew padahal jelas-jelas CQ CQ TEST.

Untuk mode psk yang lebih cepat, nggak lelet tersedia mode psk63, lebih banter bahkan dari rtty, dengan baudrate 62.5; cuma memang harus bersabar pula, sangat langka station yang bekerja pada mode ini, apalagi dalam kontesting.

ARR, Associacao de Radioamadores do Ribatejo, Portugal, melalui milis EPC melansir kontes yang pertama bagi ARR pada mode bpsk63. Great kesempatan yang bagus untuk menambah perbendaharaan entity di mode ini.

Namun, tak selamanya harapan itu muncul, band benar-benar sepi, dan nampaknya dialami pula oleh beberapa station di EU dan W yang mengeluh sepinya aktifitas bpsk. Atau karena memang berbarengan dengan All Asia DX Contest CW sehingga biasanya JA banyak bertebaran kok nggak pada muncul.

Praktis kontesting sangat lelet; beruntung pada 2 jam pertama berhasil mendapatkan 2 station dari Russian Eropa dan Kazakhstan dan disusul beberapa jam kemudian 2 station lagi; praktis hanya bisa mengumpulkan 4 station dan sepenuhnya tanpa station CT-land…. Semoga ke depan dapat lebih baik lagi.