Tahun ini kembali pemerintah, CQ Dishubkominfo mengadakan ujian amatir radio di tingkat daerah Jawa Tengah, dan sebagi mitra kerja adalah ORARI Daerah Jawa Tengah. Kali ini dilaksanakan di Gedung Dharma Wanita Jl. Menteri Soepeno, seberang Taman KB, taman biasanya dengan YC2NWB/0 jajan tahu gimbal, teh botol atau es blewah campur duren….

unar 2009 yb2bgzUjian dibuka oleh YB2BGZ didampingi dengan para pejabat dari Dishubminfo, dan tidak lupa diberikan pengarahan perihal kejujuran di dalam mengerjakan soal-soal ujian amatir radio, terutama praktek perjokian ditekankan betul. Ujian diikuti kurang lebih 300 peserta yang terbagi atas 3 orang naik tingkat ke Penegak, terdiri dari YC2IQ, YC2MVD dan YC2EUZ, serta sekitar 35 orang kenaikan tingkat dari Siaga ke Penggalang; serta sisanya adalah ujian baru untuk tingkat Siaga. Untuk pengawasan ujian dilakukan bersama-sama pihak ORDA Jateng dengan Dishubminfo. He he… kejatah nih jadi pengawas ujian…..[ssttt… ada honor-nya nggak ya….minimal buat tambah beli Nuvi 205W, ha ha…..].

unar yb2Inilah calon tingkat penegak yang kemarin mengikuti ujian, YC2IQ,  YC2EUZ dan YC2MVD tengah diujikan keterampilan menerima kode morse.

Di Tingkat siaga, sahabat baik, sesama kontester, top kontester di kalangan SWL, OM Kustiono, INS-99 akhirnya berkenan mengikuti jejak langkah mendaftarkan diri sebagai anggota Amatir Radio.

ins99Cukup ngganteng dengan memakai kacamata, berharap beliau dapat meneruskan hobby kontes-nya tidak sekedar HOMO alias Hobby Monitor namun Memancar pula alias transmitting via transceiver.

Ujian meliputi ujian teoritis dengan multiple choice dan mengirim dan menerima kode morse. Untuk tingkat Siaga cukup menerima kode morse.

Di tingkat Penggalang terlihat YD2DOT, YD2BOI, YD2OYL, YD2BDZ, YD2NSU, YD2DQR dan YD2LEV yang bisa dikenali…. dan rasanya beberapa rekan tersebut agak kagok memegang straigh key morse….

dot morseMoment of truth, YD2DOT didampingi YD2OYL melakukan rehearsal mengetuk kode morse dengan straigh key….

Dan kesempatan yang langka pula pada event ini bisa terlaksana eyeball yang mungkin sangat langka, eyeball dengan YB1LZ, OM Gunarso, yang kebetulan ada acara dinas di Semarang. Langsung sekalian ngobrol-ngobrol dengan YC2EUZ sesama praktisi APRS….

unar yb1lzApa yang diharapkan dari UNAR tahun ini? Yah, minimal ada keyakinan bahwa mereka yang ikut ujian amatir radio ini merupakan regenarasi dari pelaku hobby amatir radio tercinta ini. Tidak sekedar lulus ujian, mendapatkan IAR sebatas legalitas melindungi perangkat radio-nya. Ada harapan merupakan benih-benih operator amatir radio yang handal, nggak sekedar ragchew di 2m, namun lebih meningkatkan keterampilan amatir radio-nya.

Masih banyak diperlukan amatir radio yang mumpuni dari YB-land; kontester, dx-er, penggiat digital, explorer teknologi amatir radio, dan lain-lain….. Semoga….

ps. bagi yang menghendaki koleksi foto silakan japri….

Advertisements